15.000 Pegiat Olahraga Masyarakat Ramaikan FORNAS VII 2023 Jawa Barat

Nusantaratv.com - 07 Juni 2023

Festival Olah Raga Masyarakat Nasional (FORNAS) VII 2023
Festival Olah Raga Masyarakat Nasional (FORNAS) VII 2023

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Sejalan dengan program pemerintah menuju Indonesia emas 2045, Komite Olah Raga Masyarakat Indonesia (KORMI) akan menggelar Festival Olah Raga Masyarakat Nasional (FORNAS) VII 2023 yang akan diikuti 15.000 pegiat olahraga masyarakat.

FORNAS VII 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 2 hingga 9 Juli 2023 di Kabupaten Bandung, Kota Bandung dan Kota Bekasi dengan menggunakan 37 Venue yang mempertandingkan berbagai jenis olahraga Masyarakat dari 85 Induk Organisasi Olahraga Masyarakat anggota KORMI.

Opening Ceremony festival olahraga yang bertema "MERAJUT POTENSI OLAHRAGA MASYARAKAT MENUJU SUKSES INDONESIA BUGAR 2045" itu akan berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung dan dimeriahkan oleh MC Rafi Ahmad dkk, Iwan Fals, Neyl Author Idol, Multimedia Content, pesta Kembang Api, 1000 orang pagelaran budaya, dan devile kontingen peserta FORNAS VIII 2023 Jawa Barat.

Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Pusat, Hayono Isman mengatakan, FORNAS VII 2023 akan diikuti oleh 15.000 Kontingen dari 38 Provinsi seluruh Indonesia, dengan peserta / Pegiat melibatkan masyarakat dari seluruh lapisan dan usia, termasuk anak-anak, pelajar, mahasiswa, dewasa, kaum professional, hingga kaum lanjut usia.

Hal itu tak lepas dari KORMI sebagai satu-satunya organisasi yang menaungi berbagai Induk Organisasi Olah Raga Masyarakat di Indonesia, dan juga anggota The Association For International Sports For All (TAFISA), mengemban amanah di garis depan untuk mengolahragakan masyarakat.

"KORMI mengemban amanah di garis depan untuk mengolahragakan masyarakat menuju masyarakat yang sehat, bugar dan produktif, sebagaimana gelora program jangka panjang KORMI adalah “Indonesia Bugar 2020-2045” yang sejalan dengan program pemerintah menuju Indonesia Emas 2045," kata Hayono Isman.

"Sebagai bentuk nyata atas pelaksanaan program tersebut, KORMI secara berkesinambungan menyelenggarakan Festival Olah Raga Masyarakat Nasional (FORNAS) setiap dua tahun pada tahun ganjil, dan saat ini sudah memasuki FORNAS VII 2023," ungkapnya.

Pada gelaran nanti, sebanyak 85 Induk Organisasi Olahraga Masyarakat anggota KORMI yang akan tampil di FORNAS VII 2023, antara lain Senam Kebugaran, yoga, Tai Chi, olahraga pernapasan, Barongsai, berbagai Olahraga Tradisonal, sepeda BMX maupun Sepeda tua/ onthel dan bahkan Push Bike bagi anak-anak usia 5 - 7 tahun, Skate Board, Street Soccer, e-sport, Airsoftgun, Panahan Tradisional, Layang-layang, Lari Trail dan Orienteering, Off Road, Pencak Silat, Karate, Taekwondo, Binaraga, Panco, Ketapel, Dance Sport dan berbagai olahraga masyarakat lainnya dari 3 cluster komisi olahraga di KORMI yaitu Olahraga Kesehatan dan Kebugaran (OKK), Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya (OTKB) dan Olahraga Petualangan dan Tantangan (OPT).

Selain itu, FORNAS VII 2023 juga akan menghadirkan event seru lainnya dalam rangkaian FORNAS VII 2023, seperti Sport Expo and Sports Fashion, Festival Pencak Silat Tradisi, Seminar Olahraga, games, eksibisi, bazar, “bedas ekspo” bagi para UMKM, konvoi, dan konser musik. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close