Sondang Tampubolon: Hiduplah Minimalis dengan Penghasilan Maksimalis!

Nusantaratv.com - 14/10/2021 16:07

Sondang Tampubolon saat sosialisasi di Kantor Kecamatan Pasar Rebo.
Sondang Tampubolon saat sosialisasi di Kantor Kecamatan Pasar Rebo.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tiar Debora Tampubolon mengatakan, ada sejumlah hal yang harus dilakukan dalam mencapai financial freedom atau kebebasan finansial. Salah satunya hidup dengan pengeluaran yang minimalis.

"Kita harus ajarkan, hiduplah minimalis dengan penghasilan maksimalis. Hiduplah minimalis, tapi jangan prihatin," ujar Sondang dalam sosialisasi bertajuk "Peran Indonesia Financial Group (IFG) dan Anak Perusahaan dalam Menyediakan Produk Asuransi & Penjaminan di Masyarakat", di Kantor Kecamatan Pasar Rebo, Kamis (14/10/2021). 

Sosialisasi ini dihadiri puluhan warga dan pihak terkait lainnya. 

Setelah hidup minimalis, lanjut Sondang, penghasilan maksimalis yang diperoleh tak hanya mengendap atau disimpan saja. Tapi 'diputar'.

"Penghasilan yang maksimalis tadi, dialokasikan jangan hanya disimpan misalnya ditabung saja. Bapak ibu harus punya 'kalau-kalau'. Misalnya, amit-amit kena positif Covid. Untungnya kemarin dijamin sama pemerintah," tutur Sondang. 

Selain menginvestasikan uang mengendap tadi, memiliki polis asuransi juga penting. Baik itu asuransi jiwa ataupun asuransi kesehatan. Ini dilakukan guna mengantisipasi segala hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk dirawat di rumah sakit hingga mengeluarkan biaya berobat yang nilainya besar. 

"Setelah kita hidup minimalis dan penghasilan maksimalis, investasi. Saya yakin IFG Life ada unit-unit investasi ya," kata dia. 

"Supaya apa, seperti Ibu Sri Mulyani katakan 'maksimalkan aset Anda, maksimalkan keuangan Anda, supaya memiliki kebebasan finansial," imbuh Sondang. 

Di samping itu, Anggota Komisi VI DPR RI tersebut juga mengajak masyarakat untuk mengatur uang yang keluar dan masuk. Menurut dia, seluruh pemasukan dan pengeluaran harus dicatat. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in