Terjadi Kenaikan Keterisian di RS Covid-19 dan Wisma Atlet Kemayoran

Nusantaratv.com - 02/12/2021 21:15

RSDC Wisma Atlet Kemayoran Jakarta/ist
RSDC Wisma Atlet Kemayoran Jakarta/ist

Penulis: Ramses Rianto Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Jelang liburan akhir tahun penularan covid-19 menunjukkan tren meningkat. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat dalam dua hari terakhir, keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di sejumlah rumah sakit rujukan covid-19 mengalami peningkatan. 

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan peningkatan jumlah pasien covid-19 juga terjadi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta sepanjang November 2021. 

"BOR ruang isolasi di RS rujukan sempat mengalami peningkatan selama 2 hari terakhir, dari 2,94 persen menjadi 3,07 persen. BOR di Wisma Atlet juga meningkat di bulan November dari 1,76 persen menjadi 2,2 persen," kata Wiku, Kamis (2/12).

Meski tidak terjadi peningkatan tajam jumlah pasien yang dirawat, namun Wiku tetap mewanti-wanti. Dikatakan, kondisi kurang baik ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada pasien Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang di lapangan.

Selain itu, kenaikan BOR RS itu menurutnya juga terbukti dengan temuan kenaikan kasus aktif Covid-19 khususnya di Pulau Jawa-Bali yang konsisten naik selama periode 23-28 November. Sementara kasus aktif secara nasional sempat naik selama empat hari berturut-turut.

Baca juga: Tambah 311, Kini Total Kasus Covid-19 di RI jadi 4.256.998

Kasus aktif adalah para pasien terkonfirmasi positif covid-19 yang dirawat di rumah sakit atau menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. 

Perhitungan kasus aktif didapatkan dari pengurangan jumlah kumulatif positif Covid-19 terhadap kasus sembuh dan kasus meninggal akibat Covid-19.

"Meskipun kasus mingguan mengalami penurunan, namun jika dilihat pada kasus aktif ternyata sempat mengalami peningkatan empat kali berturut-turut," ungkap Wiku, mengutip CNNIndonesiacom.

Sementara itu, dilaporkan pada hari ini Kamis 2 Desember 2021 terjadi penambahan kasus positif covid-19 sebanyak 311 kasus, 388 orang sembuh dan 10 orang meninggal akibat covid-19. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in