Peneliti Israel Latih Ikan Mas untuk Mengemudi

Nusantaratv.com - 11/01/2022 15:30

Israel melatih ikan mas untuk mengemudi. (Reuters)
Israel melatih ikan mas untuk mengemudi. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Ikan mas ternyata mampu bernavigasi di darat, menurut temuan para peneliti Israel, setelah melatih ikan tersebut untuk mengemudi.

Tim di Universitas Ben-Gurion, Israel, mengembangkan FOV, yakni kendaraan yang dioperasikan dengan ikan. Mobil robot ini dilengkapi dengan lidar, sebuah teknologi penginderaan jauh yang menggunakan sinar laser untuk mengumpulkan data tentang lokasi kendaraan  dan keberadaan ikan di dalam tangki air yang terpasang.

Komputer, kamera, motor listrik, dan roda omni memberikan kendali atas kendaraan tersebut.

"Anehnya, tidak butuh waktu lama bagi ikan untuk belajar mengemudikan kendaraan. Awalnya mereka bingung. Mereka tidak tahu apa yang terjadi tetapi mereka sangat cepat menyadari bahwa ada korelasi antara gerakan mereka dan gerakan mesin yang mereka gunakan," kata peneliti Shachar Givon, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (11/1/2022).

Setidaknya enam ikan mas, masing-masing menerima sekitar 10 pelajaran mengemudi, ambil bagian dalam penelitian ini. Setiap kali salah satu dari mereka mencapai target yang ditetapkan oleh para peneliti, maka akan dihargai dengan makanan.

Dan, beberapa ikan mas adalah pengemudi yang lebih baik dibandingkan yang lain. "Ada ikan yang berkinerja sangat baik dan ada ikan biasa-biasa saja yang menunjukkan kendali atas kendaraan tetapi kurang mahir dalam mengemudikannya," ujar profesor biologi dan ahli saraf Ronen Segev.

Kondisi ini menunjukkan jika seekor ikan memiliki kemampuan kognitif untuk bernavigasi di luar lingkungan alami airnya dapat memperluas pengetahuan ilmiah tentang keterampilan navigasi penting hewan.

"Kami manusia menganggap diri kami sangat istimewa dan banyak yang menganggap ikan sebagai primitif, tetapi ini tidak benar," lanjutnya. 

"Ada makhluk lain yang sangat penting dan sangat pintar," tukas Segev.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in