Universitas Sumatera Utara Naik Peringkat Jadi Perguruan Tinggi Terbaik ke-6 di Indonesia

Nusantaratv.com - 12 April 2022

Kampus Universitas Sumatera Utara/ist
Kampus Universitas Sumatera Utara/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Universitas Sumatera Utara (USU) meraih peningkatan signifikan sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia. USU naik peringkat ke urutan ke-6 dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang dikeluarkan Scimago Institutions Rankings (SIR) di caturwulan pertama tahun 2022 ini. 

USU naik satu peringkat dari sebelumnya menduduki posisi 7. 

Tak hanya di tingkat lokal, di tingkat internasional USU juga sukses memperbaiki peringkat dari sebelumnya berada pada posisi 708 menjadi 620 atau naik 88 peringkat.

Rektor USU Muryanto Amin menyambut gembira keberhasilan USU naik peringkat. Ia mengatakan sukses ini menjadi penyemangat bagi USU. Tak ingin berpuas diri, USU saat ini tengah melakukan serangkaian transformasi untuk meningkatkan citra dan peringkat USU di dunia.  

"Alhamdulillah, USU meraih peningkatan pada pemeringkatan yang dilakukan Scimago Institutions Rankings. Momentum ini harus dijaga demi kebaikan USU. Hal ini menunjukkan jika transformasi yang dilakukan telah menunjukkan progres dan hasil awal yang baik," kata Muryanto Amin, Selasa (12/4/2022).

Muryanto pun mendorong agar USU terus memotivasi diri untuk lebih baik.  

"Target kedepannya USU akan menghasilkan 3000 tulisan yang dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi. Selain itu mendorong sivitas akademika menghasilkan inovasi dalam menyelesaikan permasalahan kemasyarakatan," ucap Muryanto.

Ketua World Class University USU Prof Dr Eng Himsar Ambarita menambahkan jika USU akan terus fokus pada indikator penilaian. Dengan memenuhi persyaratan yang ada, dia berharap USU dapat terus merangkak naik dalam pemeringkatan.  

"Metodologi SRI didasarkan pada 3 indikator besar yaitu Riset, Inovasi dan Societal. Kenaikan ini lebih didorong perbaikan di bidang Inovasi dan Riset. Hal ini menjadi modal yang sangat baik untuk peningkatan kinerja USU ke depannya," kata Prof Himsar. 

Prof Himsar merasa bersyukur dengan pencapaian ini dan berharap semua pihak lebih menggiatkan upaya transformasi yang sedang dijalankan. (dari berbagai sumber)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])