Ukraina Tak Yakin Rusia Bakal Lancarkan Serangan Skala Besar Pada 16 Februari

Nusantaratv.com - 15 Februari 2022

Ilustrasi. (Anadolu Agency)
Ilustrasi. (Anadolu Agency)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina, Oleksiy Danilov mengatakan Ukraina tidak yakin Rusia bakal melancarkan serangan skala besar ke negara itu.

Kepada pers Ukraina, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Selasa (15/2/2022), Danilov mengungkapkan negaranya menyadari perkembangan dan risiko di wilayah mereka. Mengingat situasi negara itu sepenuhnya terkendali, Danilov mengatakan mereka tidak yakin serangan skala besar akan dilancarkan Rusia pada 16 atau 17 Februari.

Namun, dia menegaskan Ukraina juga siap untuk segala jenis serangan, terlebih Rusia bisa saja melakukan provokasi. Di sisi lain, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sebelumnya telah memberi tahu para pemimpin negara-negara Barat bila Rusia dapat menyerang Ukraina pada 16 Februari.

Diketahui, Ukraina telah dilanda konflik di wilayah timurnya sejak Maret 2014 setelah invasi dan pencaplokan Krimea oleh Rusia. Moskow baru-baru ini mengerahkan lebih dari 100.000 tentara di dekat perbatasan Ukraina, memicu kekhawatiran jika Kremlin dapat merencanakan serangan militer lain terhadap bekas tetangga Sovietnya.

Rusia telah membantah jika mereka sedang bersiap untuk menyerang dan menuduh negara-negara Barat merusak keamanannya dengan ekspansi NATO ke perbatasannya. Kremlin juga mengeluarkan daftar tuntutan keamanan ke Barat, termasuk mundurnya pengerahan pasukan dari beberapa negara bekas Soviet dan jaminan jika Ukraina dan Georgia tidak akan bergabung dengan NATO.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close