PBB Yakin Tidak Akan Ada Konflik Rusia-Ukraina

Nusantaratv.com - 15 Februari 2022

Ilustrasi. (Kementerian Pertahanan Rusia/EPA)
Ilustrasi. (Kementerian Pertahanan Rusia/EPA)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui Sekertaris Jenderal (Sekjen) Antonio Guterres masih meyakini tidak akan ada konflik Rusia-Ukraina.

Keyakinan Guterres disampaikan setelah berbicara secara terpisah pada Senin (14/2/2022) dengan menteri luar negeri Rusia dan Ukraina, seperti dilaporkan Reuters.

Sementara itu, juru bicara PBB, Stephane Dujarric menyebutkan Guterres masih percaya dari analisisnya sendiri. Harapan Guterres, kata Dujarric, tidak akan ada konflik. Guterres mengatakan selama tiga pekan terakhir, dia yakin invasi Rusia tidak akan terjadi.

Dujarric juga mengatakan PBB tidak memiliki rencana untuk mengevakuasi atau merelokasi dari Ukraina lebih dari 1.600 stafnya, di mana 220 orang di antaranya adalah staf asing dan lebih dari 1.400 orang Ukrania.

Dujarric menyatakan keprihatinan mendalam selama panggilan teleponnya dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba pada Senin (14/2/2022) atas ketegangan yang meningkat.

"Dia menyambut baik diskusi diplomatik yang sedang berlangsung untuk meredakan ketegangan itu dan menggarisbawahi, sekali lagi, fakta bahwa tidak ada alternatif selain diplomasi," tegas Dujarric.

Ketika ditanya apakah penjangkauan tersebut dapat menandakan peran mediasi yang lebih besar bagi PBB, Dujarric mengatakan sekretaris jenderal selalu bersedia.

"Adalah tugas dan tanggung jawabnya sebagai sekretaris jenderal untuk berhubungan dengan banyak pihak yang terlibat dalam situasi saat ini," tukasnya.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close