Tak Mau Kalah dengan Putin, Zelensky Juga Ucapkan Selamat ke Prabowo yang Menang Pilpres RI 2024

Nusantaratv.com - 21 Maret 2024

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Ucapan selamat dari para pemimpin dunia untuk Prabowo Subianto yang memenangi Pilpres 2024 terus mengalir. Terbaru ucapan datang dari Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky. Bahkan Zelensky menyampaikan langsung ucapan selamat kepada Prabowo via telepon. 

"Presiden Ukraina mengucapkan selamat kepada Bapak Prabowo atas keberhasilannya dalam pemilihan Presiden Republik Indonesia," tulis Duta Besar Ukraina untuk RI, Vasyl Hamianin, di akun Instagram-nya, Kamis (21/3/2024).

Dalam unggahannya, Hamianin menyertakan sebuah foto yang memperlihatkan Prabowo tengah melakukan pembicaraan telepon lewat ponselnya. Prabowo berbincang via telepon sambil duduk di balik meja kerjanya.

"Dua pemimpin tersebut membahas isu-isu global dan agenda bilateral, khususnya mengenai Formula Perdamaian dan insiatif kemanusiaan lainnya," tulis Vasyl Hamianin.

Selain mengucapkan selamat, kata Hamianin, Zelensky juga berbicara ke Prabowo tentang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perdamaian. KTT itu rencananya akan digelar di Swiss, membahas mengenai formula perdamaian yang digagas Zelensky.

"Presiden Zelensky menggarisbawahi pentingnya partisipasi Indonesia dalam KTT Perdamaian perdana sebagai salah satu kekuatan global yang berpengaruh dan kontributor bagi perdamaian dan keamanan global," kata Vasyl Hamianin.

Pada Senin (18/3/2024) lalu, Zelensky melalui akun X-nya mengabarkan jika dirinya sudah bicara langsung dengan Prabowo untuk hadir di acara KTT Perdamaian untuk Ukraina itu.

"Saya menyampaikan undangan untuk menghadiri pertemuan puncak tersebut dan melaksanakan butir-butir Formula Perdamaian mengenai keamanan pangan dan nuklir, serta pertukaran tahanan," cuit Zelensky.

Sebelumnya rival Zelenksy, Presiden Rusia Vladimir Putin juga sudah mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto. Bahkan ucapan selamat tersebut disampaikan Putin di saat Prabowo baru dinyatakan unggul dalam Pilpres 2024 versi quick count dari sejumlah lembaga survei. Karena baru berselang tiga hari dari waktu pencoblosan 14 Februari 2024. 

“Yang terhormat Bapak Prabowo Subianto, terimalah ucapan selamat saya yang setulus-tulusnya atas kemenangan meyakinkan Anda dalam pemilihan presiden,” bunyi ucapan selamat dari Putin kepada Prabowo, Sabtu (17/2/2024). 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close