Suhu Air Sungai Aare Swiss 16 Derajat Celcius, Tim SAR Kerahkan Drone Lakukan Pencarian Anak Ridwan Kamil

Nusantaratv.com - 28 Mei 2022

Sungai Aare di Bern, Swiss. (Connie Handscomb/Net)
Sungai Aare di Bern, Swiss. (Connie Handscomb/Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Kondisi suhu air di Sungai Aare, Bern, Swiss, mencapai 16 derajat celcius ketika putra Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz (Eril) berenang dan hilang terseret arus.

Hal itu diungkapkan Duta Besar (Dubes) RI untuk Swiss Muliaman Darmansyah Hadad. Dia mengaku tidak bisa mengetahui apakah dengan kondisi suhu tersebut bisa mnyebabkan hipotermia yang merupakan kondisi ketika suhu tubuh turun drastis hingga di bawah 35 derajat celsius. 

Akibatnya, jantung dan organ vital lainnya gagal berfungsi. "Hal ini yang bisa menjawab adalah ahli kesehatan," ujar Muliaman dalam keterangan perkembangan pencarian Eril, Sabtu (28/5/2022).

Lebih lanjut, dia mengungkapkan setelah ada laporan mengenai pengunjung area sungai, pihak kepolisian menyampaikan mereka telah menyusur sungai dengan Tim SAR yang berjumlah 20 orang. Terdiri dari polisi sungai, tim medis, dan pemadam kebakaran.

Tim SAR melakukan pemindaian dengan menggunakan drone dengan sensor pendeteksi panas tubuh. "Suhu air di Sungai Aare 16 derajat celcius dengan arus yang cukup kuat. Setelah lima belas menit, metode pencarian dilakukan dengan perahu karet," tambahnya.

Selama proses pencarian oleh Tim SAR, kata Muliaman, tim KBRI mendampingi keluarga dan menyusuri tepian sungai Aare menuju lokasi awal. "Mereka masih terus melakukan upaya pencarian dengan menggunakan berbagai metode yang tersedia," terangnya.

Tak sampai disitu, Kepolisian Swiss membuka jalur real life dengan pihak KBRI. KBRI juga mendiskusikan upaya apa saja yang telah digunakan. Pada Sabtu (28/5/2022), tim SAR masih akan melanjutkan upaya pencarian Eril. Metode pencarian dengan perahu boats dan menggunakan drone dan melakukan penyelaman.

Menurutnya, penyelaman disesuaikan dengan situasi, karena air keruh bekas hujan dan salju. "Danau dan sungai ini berasal dari salju yang meleleh dan ada kristal putih yang kadang membuat warna air menjadi keruh dan menyulitkan penyelaman. Polisi, polisi medis, pemadam kebakaran yang mengoperasikan drone ini," tukas Muliaman.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close