Roket Kuaizhou-1A China Meluncurkan Satelit Terbaru

Nusantaratv.com - 25 November 2021

China meluncurkan satelit baru ke orbit. (Xinhua)
China meluncurkan satelit baru ke orbit. (Xinhua)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - China pada Kamis (25/11/2021) mengirim satelit baru ke luar angkasa dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di barat laut China.

Satelit Shiyan-11 diluncurkan oleh roket pembawa Kuaizhou-1A (KZ-1A) pada pukul 7:41 pagi (Waktu Beijing) dan memasuki orbit yang direncanakan.

Ini adalah satelit penginderaan jauh optik yang dapat memberikan gambar resolusi tinggi dan transmisi data berkecepatan tinggi. Kuaizhou-1A, yang merupakan bahasa Cina untuk kapal cepat, adalah roket pembawa bahan bakar padat kecil berbiaya rendah yang memiliki masa persiapan singkat. 

Dikembangkan oleh China Aerospace Science and Industry Corporation, roket ini dirancang untuk meluncurkan satelit orbit rendah dengan berat di bawah 300 kg.

Sejak misi komersial pertama mereka pada 2017, roket KZ-1A telah mengirim 21 satelit ke luar angkasa. "Ini adalah misi penerbangan ke-13 dari roket Kuaizhou-1A," demikian menurut pusat peluncuran dalam pernyataannya, seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (25/11/2021).


Roket pembawa Kuaizhou-1A yang membawa satelit Shiyan-11 meluncur dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di barat laut China, 25 November 2021. (Wang Jiangbo/Xinhua)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])