Geely Mulai Produksi 500 Satelit untuk Teknologi Mobil Otonom

Nusantaratv.com - 05/10/2021 13:56

Satelit orbit rendah ini akan mendukung teknologi otonom mobil Geely.
Satelit orbit rendah ini akan mendukung teknologi otonom mobil Geely.

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Geely mulai membangun satelit orbit rendah sebagai infrastruktur pendukung mobil otonom (self-driving).

Dikutip dari Paultan, Selasa (5/10/2021), produksi satelit dilakukan di kota asal produsen mobil China itu, di Taizhou, provinsi Zhejiang. Mereka berencana memproduksi sebanyak 500 satelit orbit rendah. 

Proses produski satelit melibatkan anak perusahaan Geely yang fokus di industri ruang angkasa, Geespace. Kehadiran satelit orbit rendah itu diharapkan mendukung teknologi mobil otonom yang akan dihadirkan di mobil-mobil baru Geely.

Baca Juga: Geely China Siap Dirikan 5.000 Stasiun Penukaran Baterai 

Nantinya ratusan satelit orbit rendah itu akan menyediakan data navigasi GPS yang akurat guna memandu mobil otonom besutan Geely. Selain itu, satelit-satelit tersebut akan menjembatani fitur komunikasi yang ada di mobil seperti vehicle-to-vehicle (V2V) dan vehicle-to-everything (V2X).

Ini sekaligus menandai masuknya produsen mobil swasta terbesar tersebut ke bidang bisnis yang telah lama dikuasai oleh pihak militer China. Sebelum ini, pembuatan satelit telah menjadi domain perusahaan yang terkait dengan Tentara Pembebasan Rakyat.

Bagi Geely tentu saja ini menjadi lompatan bisnis sekaligus langkah yang fantastis. Bagi Geely, memasuki bisnis satelit adalah suatu keharusan jika ingin memperluas kehadiran globalnya. 

Menurut Nikkei Asia, hal tersebut bisa terjadi karena pendiri sekaligus ketua Geely Eric Li Shufu memiliki hubungan dekat dengan Presiden Xi Jinping. Xi pernah menjabat sebagai sekretaris partai di provinsi Zhejiang, tempat Geely bermarkas.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in