Otto Hasibuan: Pernyataan Hotman Paris Hutapea Picu Keonaran

Nusantaratv.com - 21 Mei 2022

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M., membuka Rapimnas Peradi di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (20/5/2022). (Adiantoro/NTV)
Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M., membuka Rapimnas Peradi di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (20/5/2022). (Adiantoro/NTV)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M., merespon pernyataan Hotman Paris Hutapea mengenai keabsahan organisasinya.

Pernyataan tersebut disampaikan Hotman Paris dalam konferensi pers yang digelar beberapa waktu lalu, yang menurut Otto Hasibuan telah memicu keonaran. "Adanya keonaran kegaduhan yang timbul di beberapa kota yang menyangkut keanggotaan Peradi akibat dari pernyataan Hotman Paris dalam konferensi pers yang dilakukan beberapa waktu lalu. Ini sekaligus mengklarifikasi apa yang disampaikan Hotman Paris. Di mana dengan tegas saya katakan itu adalah fitnah," kata Otto Hasibuan dalam konferensi pers disela-sela Rapimnas Peradi, di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (20/5/2022).

"Terus terang saja itu mengakibatkan keonaran yang sangat luar biasa. Itu sudah tadi di Rapimnas kita juga semua mereka berteriak-teriak bertanya apa yang terjadi," tambahnya.

Pernyataan yang menimbulkan kegaduhan yakni adanya ungkapan Hotman Paris yang menuding Otto Hasibuan menghalalkan segala cara untuk dapat terpilih ketiga kalinya sebagai ketua umum Peradi. Hotman Paris, ungkap Otto Hasibuan menuduh dirinya mengadakan rapat pleno untuk mengubah anggaran dasar tanpa izin munas.

Selanjutnya, dikatakan Hotman Paris, bila dirinya menunjuk seseorang bernama Fauzi Hasibuan untuk menjadi ketua umum pada waktu itu dan memuluskan jalannya kembali menjadi ketua umum Peradi. "Saya katakan ini pernyataan bohong dan merupakan fitnah keji buat organisasi Peradi dan sangat menganggu Peradi," tegas Otto Hasibuan.

Dia menyatakan tidak pernah menggunakan semua cara yang buruk seperti yang dituduhkan Hotman Paris demi menjabat sebagai ketua umum Peradi untuk ketiga kalinya. Otto Hasibuan juga menegaskan tidak pernah mengadakan rapat pleno untuk mengubah anggaran dasar Peradi seperti tudingan Hotman Paris.

"Zaman itu saya bukan ketua umum Peradi. Itu ketua umumnya adalah Fauzi Hasibuan, Sekjennya Thomas Tampubolon," imbuhnya.

"Jadi yang menyelenggarakan rapat pleno itu bukan saya, tapi Thomas Tampubolon bersama ketua umumnya Fauzi Hasibuan. Tadi kami undang Fauzi Hasibuan, tapi tidak bisa hadir karena kebetulan di harus pergi mengantar istrinya ke Kuala Lumpur," ucap Otto Hasibuan.

Hotman Paris, kata dia, juga menyebut jika dirinya menunjuk Fauzi Hasibuan untuk menjadi ketua umum Peradi. "Fauzi Hasibuan tidak saya tunjuk menjadi ketua umum Peradi, tetapi dia terpilih di munas Pekanbaru. Jadi tidak pernah saya tunjuk. Dan saya terpilih sebagai ketua umum Peradi dalam munas di Bogor," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, otto Hasibuan juga menegaskan jika dirinya adalah ketua umum Peradi yang sah. Di mana salah satunya buktinya yakni setiap advokat yang hendak bekerja ke luar negeri dipastikan meminta rekomendasi dari dirinya sebagai ketua umum Peradi. 

Bahkan, ungkap Otto Hasibuan, anak Hotman Paris juga meminta rekomendasi dari dirinya. Tanpa rekomendasi dari dirinya, maka seorang advokat tidak bisa bekerja di luar negeri. "Termasuk anaknya Hotman Paris juga meminta rekomendasi dari saya, lebih kurang tiga bulan lalu sebelum kejadian ini," urainya.

Lebih lanjut, Otto Hasibuan mengungkapkan, Hotman Paris juga telah menghubunginya. Kemudian Otto Hasibuan mengeluarkan Certificate of Good Standing untuk anak Hotman Paris bernama Felicia (Putri Parisienne Hutapea). 

Jika dirinya bukan Ketua Umum Peradi yang sah, tegas Otto Hasibuan, maka rekomendasi yang diberikan kepada Felicia tidak sah. "Felicia meminta tolong kepada saya, Hotman Paris bertelepon kepada saya, dan saya keluarkan Certificate of Good Standing kepada Felicia untuk bekerja ke luar negeri," cetusnya.

Dengan begitu, Otto Hasibuan menyebut pernyataan Hotman Paris terkait ketua Peradi tidaklah konsisten. Sebab Hotman Paris sendiri meminta rekomendasi dari dirinya sebagai ketua umum Peradi bagi putrinya tersebut. "Jadi nggak konsisten dia, tetapi ini fakta yang harus saya sebutkan," tukas Otto Hasibuan. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close