Kursi dari Toko Barang Bekas Ini Dilelang Seharga Rp314,4 Juta, Apa Istimewanya?

Nusantaratv.com - 27 Januari 2022

Kursi ini diidentifikasi sebagai karya seniman awal abad ke-20. (Upi)
Kursi ini diidentifikasi sebagai karya seniman awal abad ke-20. (Upi)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Sebuah kursi dari rotan yang dibeli dari toko barang bekas di Inggris dilelang dengan harga lebih dari US$21.000 (Rp302 jutaan).

Kursi ini diidentifikasi sebagai karya seniman awal abad ke-20, seperti dikutip dari UPI, Kamis (27/1/2022). Rumah lelang Sworders mengatakan seorang wanita membeli kursi itu dengan harga di bawah US$7 (Rp100 ribuan) di sebuah toko barang bekas di Brighton, Inggris.

"Ketika saya mendapatkan kursi di rumah, saya melihat lebih dekat dan berpikir itu terlihat sangat menarik. Saya mengirim email beberapa gambar ke museum V&A tetapi tidak mendapat tanggapan," kata penjual yang tidak ingin disebutkan namanya kepada Sworders.

"Perhentian saya berikutnya adalah Sworders. Saya mengirim email ke spesialis desain John Black dan dia segera merespons," lanjutnya.

Black mengakui kursi itu berasal dari tahun 1902 karya seniman Austria Koloman Moser. Black berkonsultasi dengan spesialis Pemisahan Wina, yang mengkonfirmasi identitas kursinya.

Moser, seorang guru di Vienna School of Applied Arts, merancang kursi tersebut sebagai reinterpretasi modern dari kursi tangga tradisional abad ke-18, kata rumah lelang itu. "Kursi tersebut terjual seharga US$21.874,12 (Rp314,4 juta) pada lelang Selasa," jelas Sworders.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close