Kalbe dan LL Dikti Wilayah 3 Perluas Program Greget Plastik

Nusantaratv.com - 17 Mei 2023

Sosialisasi dilakukan kepada 300 perguruan tinggi swasta yang berada di lingkungan LLDIKTI Wilayah 3 secara hybrid
Sosialisasi dilakukan kepada 300 perguruan tinggi swasta yang berada di lingkungan LLDIKTI Wilayah 3 secara hybrid

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) berkolaborasi dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah 3 menggelar Program Greget Plastik di lingkungan perguruan tinggi swasta di Jakarta.

Kick Off dan Sosialisasi Program Greget Plastik dimulai di lingkungan LL Dikti Wilayah 3 yang berada di Cawang, Jakarta Timur, Senin, 15 Mei 2023.

Program kerja sama yang berjalan sejak Agustus 2022 ini mulai diperluas jangkauannya dengan mengajak perguruan tinggi lainnya.

Dalam Kick Off dan Sosialisasi Program Greget Plastik Season 2 di lingkungan LL Dikti Wilayah 3, Cawang, Senin (15/5), hadir Kalbe Corporate Sustainability Assitant Manager, Chondro Rini, Pelaksana Harian, Noviyanto, ST, MMSI yang mewakili Kepala LL Dikti Wilayah 3, Sekretaris Direktur Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, Simon Gultom, AMTRU, SE, MM, Dekan FEB Universitas Budi Luhur, DR. Ir. Arief Wibowo, M.Kom, Direktur Operasional Yayasan Kampus Diakoneia Modern (KDM) Elyas Goklas Sotarduga, dan Pengelola Bank Sampah Budi Luhur Umi Tutik Asmawi.

Melanjutkan kolaborasi yang sudah dimulai oleh Kalbe bersama Universitas Budi Luhur (UBL), dan Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti, Kalbe menggandeng lebih banyak lagi kolaborator dari perguruan tinggi swasta di Jakarta untuk berkontribusi dalam aksi bersama ini.

"Kegiatan Program Greget Plastik Season 2 menjadi perwujudan komitmen Kalbe dalam memelihara kelestarian lingkungan. Hal ini sejalan dengan inisiatif Keberlanjutan Bersama Sehatkan Bangsa. Melalui pengurangan sampah plastik, kita juga berkontribusi dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik," ujar Kalbe Corporate Sustainability Assitant Manager, Chondro Rini di Jakarta, Senin, 15 Mei 2023.

"Gerakan Greget Plastik Season 2 bukan hanya tentang membangun kesadaran karyawan, mahasiswa tentang bahaya sampah plastik. Tetapi bagaimana kita mengajak karyawan dan mahasiswa menjadi lebih peka. Contohnya, ketika kita mengumpulkan sampah plastik dan diberikan ke tangan yang tepat, sampah plastik masih memiliki nilai ekonomis sehingga bisa membantu orang lain," Chondro Rini menambahkan.

Dalam inisiatif baik ini seluruh sampah plastik yang terkumpul akan didonasikan untuk Yayasan KDM di Bekasi, Jawa Barat.

“Greget Plastik adalah contoh kolaborasi yang patut dikembangkan dan ditiru. Dengan memilah dan memanfaatkan nilai ekonomi sampah, berbagai pihak juga dapat turut mendukung pendidikan bagi anak pra sejahtera yang kami kerjakan,” jelas Elyas Goklas Sotarduga, Direktur Operasional Yayasan KDM.

Dalam kesempatan itu, Pelaksana Harian, Noviyanto, ST, MMSI yang mewakili Kepala LL Dikti Wilayah 3, menjelaskan, bentuk kolaborasi yang dilakukan adalah mengajak perguruan tinggi swasta di wilayah LL Dikti 3 untuk mengumpulkan sampah khusus botol plastik di lingkungan kampus.

“Kemudian, didonasikan untuk membantu pendidikan anak-anak yang bernaung di dalam Yayasan Kampus Diakoenia Modern (KDM) di Bekasi, Jawa Barat,” ujar Noviyanto.

Peran LL Dikti Wilayah 2, kata Noviyanto, adalah memfasilitasi dan langsung mengajak seluruh perguruan tinggi di Wilayah LL Dikti 3 untuk ikut mendukung Program Greget Plastik bersama Kalbe.

"Greget Plastik Season 2 mencerminkan kolaborasi yang baik antara dunia pendidikan dan industri. Kolaborasi ini sangat bermanfaat, tidak hanya bagi lingkungan, namun juga dalam mencapai hidup bersih dan sehat," papar Sekretaris Direktur Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, Simon Gultom, AMTRU, SE, MM.

Dalam Kegiatan Greget Plastik kali ini, ITL Trisakti memberikan pengetahuan tentang Pemahaman bagaimana cara menghitung debit/volume sampah yang dapat diukur melalui jenis sampah. Hasilnya nanti dapat dirasakan oleh Yayasan KDM sebagai kolaborator dalam pengumpulan dan pemilahan sampah dari Perguruan Tinggi Swasta di LL Dikti Wilayah 3.

Komitmen Inisiatif Berkelanjutan

Seluruh unsur yang hadir dalam kesempatan itu memang berkomitmen untuk terus melanjutkan inisiatif keberlanjutan dalam mengelola sampah plastik di lingkungan masing-masing. Banyaknya sampah plastik yang tidak dikelola dengan baik menimbulkan keprihatinan dan penyakit di lingkungan sekitar.

“Kegiatan Greget Plastik bersama Kalbe dengan Program Studi Manajemen Bencana Universitas Budi Luhur adalah bukti nyata kolaborasi Pentahelix, dalam penanganan sampah plastik dan upaya menekan risiko bencana banjir di perkotaan,” kata Dekan FEB Universitas Budi Luhur, DR. Ir. Arief Wibowo, M.Kom.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])