Imbas Penusukan Penumpang, Keio Electric Railway Pasang Kamera Keamanan di Semua Kereta Api dan Peron Stasiun

Nusantaratv.com - 03 Februari 2022

Keio Electric Railway. (Istimewa)
Keio Electric Railway. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Keio Electric Railway Co., mengumumkan rencana mereka memasang kamera keamanan di 873 kereta api dan di 69 peron stasiun di wilayah Kanto, Jepang.

Tindakan itu sebagai respon atas insiden penusukan yang menargetkan penumpang di dalam kompartemen kereta api pada Oktober 2021, seperti dikutip dari Japan Today, Kamis (3/2/2022).

Menurut operator, kamera keamanan akan dapat menyampaikan rekaman real-time di atas kereta api dan peron stasiun. Pejabat Keio Electric Railway mengatakan rencana tersebut diproyeksikan akan selesai pada akhir 2023.

"Guna memastikan operasional kereta api yang aman dengan meningkatkan pemantauan di pusat kendali dan meningkatkan keselamatan penumpang," kata pejabat Keio Electric Railway. 

Operator kereta api mengatakan kamera keamanan yang sebelumnya dipasang sekitar 20 persen di kereta api akan diganti karena tidak memiliki transmisi data real time. Selain itu, penumpang akan diminta untuk bekerja sama dalam tindakan pencegahan kejahatan, termasuk mengetahui lokasi tombol darurat di dalam kereta api dan di peron di samping tuas darurat untuk membuka pintu secara manual.

Jika lebih dari satu tombol darurat ditekan meskipun pengemudi tidak mengetahui detailnya, kereta akan berhenti darurat di stasiun terdekat dan memungkinkan penumpang untuk keluar dengan membuka pintu kendaraan dan peron. Selain itu, pintu kasa kereta api dan peron akan terbuka meskipun tidak sejajar pada saat itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close