Demi Cuan Pribadi, Pria di Negara Ini Ramai-Ramai Ubah Jenis Kelamin Jadi Wanita, Duda Jadi Janda

Nusantaratv.com - 01 Februari 2022

Ilustrasi. (Istimewa)
Ilustrasi. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pria di Swiss diperkirakan bakal ramai-ramai mengubah jenis kelamin menjadi wanita guna mencari keuntungan pribadi.

Hal itu memungkinkan karena terdapat celah pada undang-undang (UU) di Swiss yang memudahkan perubahan jenis kelamin hanya dengan wawancara 10 menit dan membayar 75 franc Swiss atau sekitar Rp1,1 juta. 

Sebab, untuk bisa mengubah jenis kelamin di undang-undang terbaru, prosedur seperti pemeriksaan fisik dan tes hormonal telah dihilangkan, seperti dikutip dari RT.com, Selasa (1/2/2022).

Kasus perubahan jenis kelamin menuai sorotan, setelah seorang pria mengajukan permohonan pensiun lebih cepat satu tahun dari aturan yang berlaku. Di mana aturan pekerja pensiun bagi pria di negara itu yakni setelah menginjak usia 65 tahun, sedangkan wanita 64 tahun. 

Nah, karena ingin buru-buru pensiun dan mendapatkan keuntungan pribadi, pria itu mengajukan diri mengubah jenis kelaminnya. Pria asal Luzern di bagian tengah negara yang berbahasa Jerman itu, melihat ini sebagai peluang bagus untuk mendapat keuntungan pribadi, lapor Luzerner Zeitung setempat.

Orang yang belum disebutkan namanya itu tampaknya memutuskan untuk tidak menunggu satu tahun lagi untuk mendapatkan uang pensiun. Pria itu cukup pergi dan mendaftar sebagai perempuan pada pihak berwenang. 

Perubahan jenis kelamin hanya terjadi di atas kertas, dengan penggugat kemudian mengkonfirmasikan kepada keluarga dan teman-teman bahwa itu dilakukan hanya untuk mempercepat masa pensiun, menurut media.

Sejauh ini belum ada laporan dari pihak berwenang di Lucerne yang berencana untuk menantang aplikasi yang dilaporkan ini. Namun, insiden yang dilaporkan terisolasi itu menunjukkan kelemahan signifikan dalam aturan perubahan jenis kelamin. 

Media lokal dengan cepat memunculkan beberapa skenario lain, di mana mereka juga dapat dieksploitasi oleh penduduk laki-laki di negara itu. Para pria muda dapat mendaftar sebagai wanita untuk menghindari wajib militer, karena itu hanya wajib bagi pria di negara itu.

Duda juga cenderung berubah menjadi janda untuk menerima kompensasi yang lebih tinggi yang menjadi hak perempuan di Swiss. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close