Pria Ini Menyangka Idap Penyakit Hernia, Ternyata Punya Rahim dan Indung Telur

Nusantaratv.com - 27 Januari 2022

Ilustrasi. (Istimewa)
Ilustrasi. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Seorang pria menyangka dirinya menderita hernia karena memiliki gumpalan di tubuhnya. Ternyata para dokter menemukan jika itu adalah alat kelamin wanita.

Dikutip dari New York Post, Kamis (27/1/2022), pria berusia 67 tahun, yang lahir dengan satu buah pelirnya turun itu pergi ke rumah sakit di Kosovo. Dia mengeluh karena adanya pembengkakan pada buah zakar yang telah bertahan selama satu dekade. 

Tetapi ketika dia tiba di rumah sakit untuk menjalani operasi, para dokter bedah merasa terkejut saat menemukan rahim, leher rahim, saluran pembuluh telur, dan indung telur. 

Para dokter itu juga menemukan satu buah pelir yang hilang selama hidupnya. Kejadian langka tersebut terungkap dalam jurnal Urology Case Reports oleh tenaga medis di Universitas Prishtina.

Pria itu didiagnosis menderita penyakit yang sangat langka yang disebut sebagai Persistent Mullerian duct syndrome (PDMS), yakni gangguan perkembangan seksual yang mempengaruhi laki-laki.

Kondisi sangat langka ini terjadi ketika seorang pria memiliki organ-organ reproduksi wanita bersama dengan penis dan buah zakarnya. Kendati tidak jelas bagaimana sejarah penyakit ini, tetapi hanya 200 kasus telah dilaporkan dalam literatur medis tersebut.

Penyakit ini terjadi ketika permulaan rahim yang dikenal sebagai saluran Mullerian tidak pecah di awal perkembangan bayi laki-laki. Tetapi dalam berbagai kasus langka ini tidak memicu bayi laki-laki yang lahir dengan dua organ reproduksi.

Gejala-gejala penyakit ini termasuk buah pelir yang tidak turun dan hernia di buah zakar. Tetapi organ-organ wanita tidak biasa ditemukan kecuali pembedahan dilakukan untuk mengobati pasien dalam jumlah banyak.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])