Arus Balik, Terminal Leuwipanjang Bandung Ramai Penumpang

Nusantaratv.com - 06 Mei 2022

Terminal Leuwipanjang, Bandung. (Tribunnews)
Terminal Leuwipanjang, Bandung. (Tribunnews)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Terminal Bus Leuwipanjang, Kota Bandung, mengalami lonjakan penumpang pada arus balik Lebaran 2022, Jumat (6/5/2022).

Puncak arus balik dari terminal yang memberangkatkan penumpang ke wilayah Jabodetabek hingga ke Sumatra ini diperkirakan terjadi pada Sabtu (7/5/2022) atau Minggu (8/5/2022).

"Lonjakan penumpang arus balik sudah terjadi sejak H+1 di terminal ini dan penumpang terus meningkat hingga hari ini," ujar Kepala Terminal Bus Leuwipanjang Asep Hidayat.

Mengacu data yang tercatat oleh petugas menurut Asep, sampai pukul 14.00 WIB sudah lebih dari 3.000 penumpang bertolak dari Terminal Leuwipanjang.

Tujuan terbanyak penumpang mulai dari Merak, Kalideres, Kampung Rambutan, dan Lebak Bulus. Di samping itu, pemudik juga menggunakan jasa bus tujuan ke Cianjur serta Bogor.

"Dari pagi tadi sudah melonjak dari pagi sampai jumatan. Saya prediksi hari ini naik lagi 6.000-7.000 penumpang atau 350-450 armada bus," kata dia.

Mengenai harga tiket bus, Asep mengakui pihak pengusaha menaikkan harga sebesar 25-30 persen. Tapi, pihaknya tetap mengatur batas atas dan bawah untuk penerapan tarif bus.

"Ada kenaikan 25-30 persen untuk masa arus mudik dan balik. Misal, tarif bus yang sebelumnya Rp125 ribu menjadi Rp140 ribu. Nanti setelah arus balik selesai, harganya normal lagi," jelas dia.

Selama masa angkutan Lebaran di Terminal Bus Leuwipanjang, petugas juga melakukan tes cepat antigen gratis untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 hingga vaksinasi booster

"Petugas juga melakukan pengecekan kendaraan bus yang digunakan untuk mengangkut penumpang mudik dan balik Lebaran, sehingga hanya kendaraan yang layak jalan yang diperbolehkan untuk mengangkut penumpang," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close