Anies Resmikan Gapura Chinatown atau Pecinan Jakarta di Glodok

Nusantaratv.com - 30 Juni 2022

Gapura Chinatown Glodok Jakarta/ist
Gapura Chinatown Glodok Jakarta/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Gapura Chinatown Jakarta di kawasan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat. Bangunan ini diinisiasi pembangunannya pada tahun 2018 lalu.

Gapura tersebut ada sejak abad ke-18. Namun pada masa kependudukan Jepang, gapura yang asli dihancurkan.

Peresmian dilakukan Anies dengan menarik tirai prasasti secara simbolis. Anies berharap, ikon ini dapat menjadi salah satu simbol persatuan dan kesetaraan warga di Jakarta.

"Semoga ini juga menjadi penanda bahwa Kota ini penuh dengan sejarah, serta kesetaraan akan hadir untuk semuanya," ujar Anies, Kamis (30/6/2022).

Baca juga: Anies Cabut Izin Seluruh Outlet Holywings di Jakarta

Menurut Anies konsep rancangan Gapura Chinatown Jakarta terbilang unik dibanding Gapura Chinatown yang ada di belahan dunia manapun. Bangunan ini bertekstur dari unsur batu warna abu-abu, coklat genteng, serta unsur warna hijau perpaduan budaya Betawi, dengan tulisan berwarna coklat kayu.

"Itulah pembeda utama Gapura Chinatown Jakarta dengan gapura-gapura pada umumnya. Di sini terlihat ukiran naga dan unsur awan yang dominan pada gapura, melambangkan kemakmuran dan perlindungan dari Sang Maha Pencipta," jelas Anies, mengutip suaracom.

Anies juga mengapresasi Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) atas kolaborasi dalam merealisasikan proses pembangunan Gapura Chinatown Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close