Danau Toba Salah Satu Destinasi Super Prioritas #DiIndonesiaAja

Nusantaratv.com - 24/02/2023 13:58

Destinasi Wisata Danau Toba
Destinasi Wisata Danau Toba

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Setelah ditetapkan sebagai salah satu destinasi Super Prioritas #DiIndonesiaAja, berbagai upaya promosi dilakukan Pemerintah, banyak event nasional maupun internasional digelar di Danau Toba untuk menarik banyak wisatawan berkunjung ke Danau Toba. 

Terkini, Danau Toba menjadi tuan rumah event internasional F1 Powerboat (F1H20) World Championship yang diselenggarakan 24-26 Februari 2023. Adanya event balap perahu super cepat ini diharapkan dapat menarik banyak wisatawan, event ini menjadi sarana memperkenalkan Danau Toba ke 'Mata' Dunia. 

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengatakan, tidak ingin kehilangan ‘peluang emas’ untuk mendapatkan manfaat ekonomi dan pariwisata dari event internasional F1 Powerboat (F1H20) World Championship ini.

Jauh sebelumnya serangkaian acara digelar di 2016 sebagai upaya mempromosikan Danau Toba ke masyarakat luas, seperti diadakan tur sepeda motor “Big Bike” bertajuk Greates Caldera Ride, menempuh jarak total 500KM. Acara ini terselenggara atas prakarsa para pecinta Big Bikes yang menamakan diri Komunitas H3 (Horas, Halak, Hita), tur dimulai dari kota Padang Sidempuan, Provinsi Sumatera Barat melintasi 7 kabupaten dan Gunung Bukit Barisan.

Sejumlah organisasi otomotif pun dirangkul untuk mensukseskan hajatan besar tersebut seperti IMBI (Organisasi Sepeda BI Indonesia), IMI (Organisasi Sepeda Motor Indonesia), dan Komunitas Sepeda Motor Vespa.

Selain itu juga diselenggarakan Wonderful Toba Fun Walk yang digelar di Monumen Nasional (Monas) Jakarta pada bulan Juli. Acara ini berhasil menarik 10.000 pengunjung.

Event lain yang digelar dalam rangka mempromosikan Danau Toba sebagai tujuan wisata utama, digelarnya Festival Musik Internasional Batak Dalam Harmoni di Jakarta dan Balige (Sumatera Utara), Bersepeda Toba Gran Fondo pada bulan Agustus 2016, dan Samosir Toba Ultra Run di Pulau Samosir.

Danau Toba merupakan kawah Vulkanik terbesar di dunia. Terbentuknya Danau Toba merupakan peristiwa dahsyat yang mengguncang dunia akibat letusan gunung Toba 75 tahun yang lalu dan menjadi keajaiban alam paling mengerikan sekaligus menakjubkan. Dengan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi, dan kedalaman 450 meter, danau toba menjelma menjadi destinasi wisata mengagumkan. Adanya Pulau Samosir di tengah danau yang luasnya kira-kira seukuran Singapura menambah keunikan Danau Toba.

Sulit membayangkan tempat yang lebih indah untuk melakukan hiking, berenang, dan berlayar. Begitu Anda tiba di Danau Toba, efek membius dari jernihnya air danau tanpa disadari akan membuat Anda menceburkan diri ataupun berendam di Danau ini. 

Air jernih yang sejuk ditambah dengan suasana santai adalah salah satu daya tarik bagi pengunjung yang datang ke Danau Toba. Selain menikmati keindahan Danau Toba, pengunjung juga akan disambut dengan keramahan masyarakat Batak. Para wisatawan juga dapat mempelajari tradisi dan budaya masyarakat Batak yang terjaga dengan baik, seperti melihat rumah asli orang Batak Toba yang telah berusia ratusan tahun. Sementara di Pulau Samosir banyak jejak tradisi kuno termasuk kuburan batu dan desa adat. Karena itu, Ayo datang ke Danau Toba!
 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in