Ini Tanda-tanda Pasanganmu Sosok yang Manipulatif!

Nusantaratv.com - 23/06/2022 15:33

Tanda-tanda sosok pasangan yang manipulatif
Tanda-tanda sosok pasangan yang manipulatif

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Sebagian besar orang tidak menyadari bahwa pasangannya kerap bersikap manipulatif untuk mempertahankan hubungan atau menutupi kesalahannya. Orang-orang yang memiliki sifat manipulatif cenderung memposisikan dirinya sebagai korban dan selalu melihat permasalahan dari satu sisi saja.

Manipulatif merupakan sikap tidak terpuji yang sering dilakukan oleh orang-orang. Sikap manipulatif biasanya ditandai dari kebiasaan dalam memutarbalikkan fakta sehingga hanya berusaha menguntungkan diri sendiri saja.

Pasangan yang manipulatif mungkin tidak ‘menyerangmu’ secara fisik, tetapi biasanya mereka akan lebih mengeluarkan kalimat-kalimat yang bisa menjatuhkan mental dan membuatmu sulit berpikir logis dari biasanya. Mereka yang kerap memanipulasi pasangannya juga tak segan melakukan gaslighting sehingga membuat kamu merasa bersalah. Padahal, kamu adalah korban dari sikap toxic-nya tersebut.

Baca Juga: Alasan Tidur dengan Pasangan Itu Lebih Baik Daripada Tidur Sendiri

Disadur dari cosmopolitan.co.id, berikut beberapa sifat yang menunjukkan pasanganmu seorang yang manipulatif.

1. Ia membuat kamu mempertanyakan akal sehatmu
Kalian sedang bertengkar pada hal-hal yang kecil, lalu si dia mengatakan kalimat yang kasar dan memutarbalikan kenyataan. Kamu lantas tidak bisa berpikir logis dan mulai mempertanyakan apakah tindakanmu benar atau dia lah yang benar. Padahal semua orang tahu bahwa si dia adalah orang yang selalu mencari masalah dalam hubungan kalian.

2. Ia tahu kelemahan dan kelebihanmu
Sosok yang manipulatif biasanya senang menggunakan kelemahan pasangannya untuk melakukan hal yang menguntungkan baginya. Ingat, hubungan harus berja
 

3. Selalu ingin pergi bersamamu
Dan terkadang mereka melakukan hal ini bukan karena menyayangimu tetapi tidak ingin kamu pergi bersama dengan teman atau keluargamu. Ini adalah salah satu tanda hubunganmu berjalan tidak sehat dengan si dia.

4. Ia mengatakan ingin hubungan kalian berlanjut ke arah yang lebih serius, namun tidak pernah menepatinya!
Apabila ia sering menjanjikan hal-hal yang indah seperti membawa hubungan kalian ke arah yang lebih serius atau mengenalkan kamu ke orangtuanya, tapi tidak pernah terlihat tanda ia akan merealisasikannya, waspadalah!


5. Melarang melakukan hal yang kamu sukai
Kalau ia pernah berkata: “Kenapa kamu sangat suka pergi ke gym? Apakah di sana ada banyak pria tampan?” padahal motivasimu adalah murni untuk berolahraga dan kamu menyukai kelas olahraga di sana, well.. ini adalah red flag. So get over, please!

6. Pasanganmu memiliki standar ganda tentang bagaimana kamu harus berperilaku dalam sebuah hubungan
Apabila si dia kerap membuat aturan untukmu tetapi ia juga tidak pernah mengikuti aturan tersebut, pertimbangkan lagi hubungan ini. Sebuah hubungan adalah tentang kompromi dan kerjasama, bukan bersikap diktaktor.

Baca Juga: Super Unik! Pasangan di Banyuwangi Beri Nama Keempat Anaknya dengan Satu Huruf

7. Kamu merasa selalu salah!
Atau paling tidak, pasanganmu selalu membuatmu merasa bersalah. Oh, atau kamu tahu sekuat apapun usahamu ia akan selalu memenangkan perdebatan di antara kalian. Ini membuatmu memilih selalu mengalah dibanding membuatnya marah.

8. Selalu memonopoli setiap rencana / tempat kencan / tempat kalian makan
Kamu seperti tidak memiliki kesempatan untuk menyuarakan apa yang kamu suka dan inginkan dalam hubungan ini.

9. Kerap memaksa kamu berubah
Ciri pasangan manipulatif selanjutnya adalah mereka senang menyampaikan kekurang dari pasangannya serta apa saja hal yang bisa mereka kembangkan. Biasanya ini mereka lakukan untuk menutupi rasa insecure dalam dirinya.

10. Kamu seperti merasa harus berada di dekatnya
Awalnya mungkin terasa manis. Tetapi karena ia terlalu sering ingin bersamamu, sikapnya ini membuat kamu seolah dimonopoli olehnya dan tidak memiliki kehidupanmu sendiri.

11. Ia bersikap manis namun bisa berubah 180 derajat di menit berikutnya
Si dia membuat kamu merasa menjadi sosok yang begitu dicintai, namun tak berapa lama mereka bersikap dingin dan cuek kepadamu. Padahal kalian sedang dalam keadaan baik-baik saja. Ini juga merupakan tanda kalian berada dalam hubungan yang toxic.

12. Pasanganmu sering membuat rencana yang terlihat abu-abu, saat kamu menanyakannya kembali ia malah mengelaknya dan berkata ia tidak pernah berencana begitu
Pernah berada di situasi ini? Kamu mengingat dengan baik setiap rencananya dan saat kamu menanyakannya ia justru menuduh kamu mengarang cerita sendiri. Kamu pun merasa apakah sebenarnya kamu yang berhalusinasi. Tidak babes, kamu tidak bersalah!

13. Kamu selalu menjadi pihak yang menyesuaikan diri dengan jadwalnya
Kebanyakan kamu yang harus selalu mengalah dan menyesuaikan diri dengan segala kesibukannya. Ia tampak tidak terlalu berusaha agar hubungan kalian berjalan seimbang dan mau mengorbankan waktunya. 

Ingat pesan Cosmo: waktu semua orang jelas berharga! Termasuk waktu kamu sendiri, jangan mensia-siakannya untuk orang yang bahkan tidak memberikan usaha dalam hubungan kalian.

Baca Juga: Tanda-tanda Ini Menunjukkan Kalau Pasangan Kita Tidak Menikmati Seks

14. Ia mengatakan kamu bukan pacar yang baik apabila kamu tidak melakukan hal yang ia inginkan
Tidak semua keinginan pasangan harus selalu kita turuti, apalagi ketika instingmu mengatakan bahwa hal tersebut bukanlah sesuatu yang baik untukmu. Apabila ia melakukan ini, ketahuilah sesungguhnya ia lah pasangan yang tidak baik tersebut.

15. Memperlakukan kamu dengan manis saat ia ingin sesuatu
“Oh aku akan mentraktir kamu makanan enak! Tapi bisakah kamu datang ke apartemen untuk membersihkan kekacauan di sana?” Shut up!

16. Ia terlihat sering melupakan hal penting yang berkaitan tentang kamu dan memilih topik yang lebih mengarah ke dirinya
Kamu sering merasa kesulitan berbicara topik yang normal kepadanya. Boro-boro berbicara banyak soal kehidupan, ia bahkan tidak ingat kakakmu baru saja melahirkan.

17. Saat perasaanmu terluka karenanya, si dia akan berkata “mari kita bersikap dewasa, kita bicarakan ini dengan saling jujur”
Duh! Saat kamu merasa terluka dengan ucapannya dan ia sama sekali tidak merasa bersalah dan meminta maaf malah justru bersikap defensif, siapa yang tidak sakit hati? Tidak peduli apa niat di balik perkataannya tersebut.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in