Super Unik! Pasangan di Banyuwangi Beri Nama Keempat Anaknya dengan Satu Huruf

Nusantaratv.com - 18 Maret 2022

Ilustrasi anak/ist
Ilustrasi anak/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Nama anak umumnya merupakan simbol dari doa dan harapan kedua orang tuanya. Itu sebabnya, kebanyakan orang tua berupaya memberi nama yang bagus yang memiliki makna positif bagi sang anak. 

Namun berbeda dengan orang tua kebanyakan, pasangan suami istri di Banyuwangi, Jawa Timur Sukari (46) dan Wahyuningsih (26) di Desa Temuasri, Kecamatan Sempu, Banyuwangi malah memberikan nama untuk keempat anaknya hanya dengan satu huruf.

Nama keempat anaknya adalah V (perempuan, 16 tahun), J (laki-laki, 11 tahun), L (perempuan, 5 tahun), dan N (perempuan, 2 tahun).

Pemberian nama dengan satu huruf tersebut merupakan nama resmi bagi keempat anaknya. Itu terlihat dari daftar anggota keluarga pada Kartu Keluarga (KK) yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Banyuwangi pada 21 April 2021.

"Alhamdulillah semuanya sehat. Anak-anak saya sudah terdaftar di KK," ujar Sukari.

Sukari mengaku tak punya alasan khusus memberikan nama keempat anaknya hanya dengan satu huruf. Alasannya sangat sederhana, biar mudah diingat. 

"Biar mudah diingat saja, tidak ada nadzar ataupun alasan khusus lainnya," ungkap Sukari.

Sukari juga meyakini, nama yang sederhana merupakan nama yang baik bagi keempat anaknya. Dengan nama yang sederhana, tak akan merepotkan jika dipanggil.

"Sebetulnya enggak ada alasan, cuma pengin simpel aja, pas kelahiran pertama," tutur Sukari.

Pemberian nama dengan hanya satu huruf untuk keempat anaknya kerap menghadirkan kejadian unik. Khususnya saat Sukari tengah mengurus keperluan administrasi. 

Petugas Dispendukcapil yang melayani Sukari terheran-heran saat menangani pendaftaran nama anaknya sebagai anggota keluarga baru.

"Pernah saat mendaftarkan anak pertama saya, waktu itu petugas menyodorkan blangko untuk saya tulis. Setelah saya tulis, malam dikembalikan lagi, katanya wajid diisi kolom nama. Padahal saya sudah tulis V, tapi katanya petugas itu cawang saja. Harus ditulis nama," cerita Sukari.

Setelah dijelaskan barulah sang petugas paham dan tersenyum.

Uniknya lagi, nama Sukari juga jadi tenar di sekolah lantaran nama anaknya yang hanya satu huruf. Banyak juga guru yang ragu dengan keaslian nama anak Sukari. (dari berbagai sumber)


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])