Waspada! Jabodetabek Terancam Cuaca Ekstrem Bikin Banjir Hari Ini

Nusantaratv.com - 15 November 2021

Ilustrasi cuaca ekstrem. (Net)
Ilustrasi cuaca ekstrem. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperingatkan perkiraan cuaca ekstrem di kawasan Jabodetabek pada hari ini, Senin (15/11/2021). Cuaca ekstrem ini berupa hujan lebat dan berpotensi banjir, yang terjadi hingga Selasa (16/11/2021) esok. 

Melalui akun Instagram, BPBD DKI menyebut cuaca ekstrem itu diperkirakan terjadi mulai pukul 07.00 WIB hingga Selasa pukul 07.00 WIB.

Tingkat potensi banjir akibat cuaca ekstrem ini sendiri berbeda di tiap daerah, yaitu level siaga dan waspada.

Level siaga tercatat untuk kawasan Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Tangerang, Depok, dan Bekasi. Waspada ditetapkan untuk daerah Tangerang Selatan dan Bogor.

Berdasarkan perkiraan tersebut, masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati akan kemungkinan hujan lebat dengan durasi singkat disertai petir dan angin kencang yang berpotensi memicu banjir.

"Warga diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan, salah satunya dengan membaca buku saku 'Panduan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir bagi Masyarakat' melalui tautan https://tiny.cc/bukusakusiagabanjir," tulis BPBD DKI.

Di samping itu, masyarakat juga bisa memberikan data terbaru mengenai tinggi air muka air (TMA) melalui tautan https://bpbd.jakarta.go.id/waterlevel. Jika menemukan potensi genangan/banjir, masyarakat juga bisa melapor melalui aplikasi JAKI.

Informasi terkini lainnya terkait banjir dapat dipantau melalui situs resmi pemerintah di https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt.

"Jika mengalami atau menemukan keadaan darurat, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112 atau menggunakan tombol darurat aplikasi Jakarta Aman," tulis BPBD Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])