Viral di Media Sosial, Wanita Gianyar Bali Nikahi Keris

Nusantaratv.com - 20 Januari 2022

Ni Putu Melina menikah dengan keris karena mempelai pria melarikan diri. (Daily Star)
Ni Putu Melina menikah dengan keris karena mempelai pria melarikan diri. (Daily Star)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Seorang wanita hamil asal Gianyar, Bali bernama Ni Putu Melina menikahi keris sebagai pengganti mempelai pria. Aksi wanita berusia 22 tahun itu bikin heboh dan menjadi viral di media sosial (medsos). 

Hal ini dinilai sebagai bagian dari adat yang membantu menyelamatkan martabat perempuan tersebut dan keluarganya. Melina yang berasal dari Desa Blahbatuh, Gumi Seni sejatinya mengucap janji sehidup semati dengan sang pujaan hatinya pada 12 Januari 2022. 

Namun, saat pihak keluarga telah merampungkan semua persiapan dan kegiatan tersebut siap dihelat, tiba-tiba sang calon mempelai pria justru membatalkan pernikahan tepat pada H-2.

Sang pria beralasan gagal menikahi Melina karena tidak setuju dengan tradisi Bali Nyentana, di mana pihak pria diharuskan tinggal di rumah keluarga istri kelak. Padahal, sang pria sangat tulus mencintai Melina namun terpaksa harus melarikan diri dari acara sakral tersebut.

Tidak terima upacara yang sudah susah payah dipersiapkan ini berakhir sia-sia, terlebih kondisi Melina yang sedang mengandung, pihak keluarga tetap melanjutkan pernikahan tersebut.

Melina diminta untuk menikahi keris sebagai pengganti mempelai pria yang lari. Pihak keluarga mengatakan pernikahan yang dijalani ini dimaksudkan agar anak yang dikandung Melina tidak dianggap sebagai anak haram.

Sedangkan penggunaan keris melambangkan kejantanan seorang lelaki dan seringkali digunakan sebagai pengganti dalam upacara sakral ketika mempelai pria meninggal atau melarikan diri.

Pernikahan Melina dengan keris itu lantas menjadi viral di TikTok. Pihak keluarga menyatakan tidak peduli jika pernikahan Melina dengan keris tersebut tersebar luas dan diketahui masyarakat.

Sementara itu, ayah Melina, Ketut Suwardita ingin kejadian yang menimpa putri tersayangnya itu bisa dijadikan pelajaran untuk wanita-wanita lain. "Kami ingin ini menjadi pelajaran bagi gadis-gadis lain yang mencari calon mempelai pria," ujar Suwardinata.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])