Vaksin Booster Digelar Mulai Hari Ini

Nusantaratv.com - 12 Januari 2022

Ilustrasi vaksin Covid. (Net)
Ilustrasi vaksin Covid. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pemerintah memulai program penyuntikan vaksin virus corona (Covid-19) dosis ketiga atau booster kepada masyarakat umum pada hari ini, Rabu (12/1/2022).

Golongan lansia serta kelompok rentan seperti mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid dengan immunocompromised menjadi, kalangan prioritas.

Program booster vaksin diikuti masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas dan gratis. Mereka menerima suntikan booster vaksin apabila sudah menerima dosis kedua dalam waktu enam bulan sebelumnya.

"Vaksinasi booster gratis akan dilakukan di faskes milik pemerintah seperti puskesmas, rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit milik pemda," ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Selasa (11/1/2022).

Pemberian booster untuk sementara ini akan menggunakan setengah dosis. Budi menambahkan, ketentuan itu mempertimbangkan ketersediaan jumlah vaksin Covid-19 saat ini, sehingga kebijakan masih bersifat sementara.

Ketentuan pemberian vaksin booster mencakup tiga alternatif. Pertama, bagi warga yang mendapatkan vaksin primer Sinovac untuk dosis 1 dan dosis 2, maka akan diberikan booster vaksin Pfizer setengah dosis.

Kedua, warga yang mendapatkan vaksin primer Sinovac untuk dosis 1 dan dosis 2, maka dapat juga diberikan booster vaksin AstraZeneca setengah dosis.

Sementara alternatif ketiga yakni warga yang mendapatkan vaksin primer AstraZeneca untuk dosis 1 dan dosis 2, maka akan diberikan booster vaksin Moderna setengah dosis.

"Kombinasi vaksinasi booster yang akan diberikan mulai tanggal 12 Januari, yang nantinya mungkin akan bisa bertambah jenis kombinasinya. Tapi yang akan dimulai besok sesuai dengan pertimbangan tadi, kesiapan vaksin yang dan dan hasil riset penelitian di dalam dan luar negeri yang sudah dikonfirmasi BPOM dan ITAGI," ujar Budi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])