Usulan Pemberhentian Wali Kota Hefriansyah Noor Telah Disahkan DPRD Siantar

Nusantaratv.com - 08 Oktober 2021

Balai Kota Pematangsiantar/ist
Balai Kota Pematangsiantar/ist

Penulis: Ramses Manurung

Pematangsiantar, Nusantaratv.com-Guna memuluskan proses pelantikan Wakil Wali Kota baru Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut) hasil Pilkada Serentak 2020, DPRD Pematangsiantar telah mensahkan usulan pemeberhentian Hefriansyah Noor sebagai Wali Kota. Pengesahan dilakukan melalui rapat paripurna DPRD Pematangsiantar. 

Menindaklanjuti proses suksesi di Kotamadya Pematangsiantar, Pemerintah Provinsi Sumut telah mengirim hasil paripurna itu ke Kementerian Dalam Negeri. 

"Sudah rapat paripurna pemberhentian Selasa (5/8) kemarin. Proses selanjutnya di Gubernur," kata anggota DPRD Pematangsiantar Boy Iskandar Warongan mengutip detik, Jumat (8/10/2021).

Terpisah, Kepala Bagian Otonomi Daerah Provinsi Sumut Ahmad Rasyid Ritonga mengatakan pihaknya sudah menerima hasil paripurna itu. Dia mengatakan usulan pemberhentian tersebut sudah diteruskan ke Kemendagri.

"Iya sudah (ditandatangani Gubernur). Dan sudah kami kirimkan ke Kementerian Dalam Negeri hari ini," ujarnya.

Baca juga: Edy Rahmayadi Minta Kemenkes Bayar Utang Insentif Nakes Rp15 Miliar

Dikatakan, Rasyid saat ini pihaknya menunggu petunjuk Kemendagri untuk proses pelantikan Wakil Wali Kota terpilih Kotamadya Pematangsiantar.

"Dengan dasar hasil paripurna DPRD Siantar itulah Pemprov meneruskan ke Kemendagri. Selanjutnya kita tunggu petunjuk dari pemerintah pusat," jelasnya.

Diketahui, Pilkada Kota Pematangsiantar tahun 2020 menghasilkan Asner Silalahi dan Susanti Dewayani sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih. Asner kemudian meninggal dunia sebelum dilantik.

Ketua KPU Sumut Herdensi mengatakan pihaknya sudah mengesahkan Asner dan Susanti sebagai pemenang di Pilkada Pematangsiantar. Nantinya Susanti akan dilantik sendirian karena Asner meninggal dunia.

"Karena tak ada gugatan di MK, tetap dilantik, tapi yang akan dilantik wakil," ucap Herdensi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

Berita Terkait
Ilustrasi-1646394631
Bupati Gorontalo Utara-1646273134