Warga Sekitar Ketiban Rezeki dari MotoGP Mandalika

Nusantaratv.com - 04 Maret 2022

Sirkuit Mandalika. (Net)
Sirkuit Mandalika. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Sejumlah warga yang tinggal di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika mendapatkan keuntungan dari digelarnya MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Mereka mendapat cuan dari menyewakan rumah dengan tarif mencapai Rp3 juta hingga Rp6 juta untuk sepekan atau satu bulan.

Ini dilakukan untuk antisipasi kedatangan penonton maupun para pekerja yang datang untuk ajang MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Salah seorang warga Desa Kuta, Kecamatan Pujut di Praya bernama Tobar sengaja membangun rumahnya untuk dijadikan tempat alternatif penginapan bagi para penonton maupun para pekerja yang ada di KEK Mandalika.

"Rumah saya ini disewa Rp3 juta sebulan, kalau tidak ada MotoGP disewa Rp1 juta sebulan," ujarnya. 

Warga sekitar lainnya, Syawaludin juga mengaku rumah warga di kawasan Kuta banyak yang disewa oleh para pekerja di KEK Mandalika, seperti rumahnya yang saat ini di sewa oleh para pekerja pembangunan Sirkuit Mandalika.

"Sewanya Rp4 juta per bulan," ujar Syawaludin.

Sementara itu, Adam warga Kuta mengatakan sewa rumah warga dijadikan sebagai alternatif penginapan, baik itu bagi para pekerja maupun penonton ajang MotoGP Mandalika.

Berarti tergantung dari fasilitas dan jumlah tempat tidur yang ada, seperti halnya salah satu rumah keluarganya yang memiliki tiga kamar tidur disewa dengan harga Rp6 juta.

"Harga sewa rumah warga itu bervariasi, tergantung kondisi rumah dan fasilitas yang ada. Kalau fasilitas seperti hotel bisa sampai Rp10 juta selama sepekan pada ajang MotoGP Mandalika. Tapi ada juga yang Rp 1 juta semalam," kata Adam, mengutip Antara.

Ada pula seorang pengelola Homestay Maulidin menyatakan semua Homestay yang dikelolanya telah penuh terisi untuk ajang MotoGP Mandalika tanggal 18-20 Maret 2022.

"Sudah penuh semua homestay saya. Harga sewa pada ajang MotoGP ini Rp500 ribu dari harga normal Rp200 ribu," ujarnya.

Sebagai informasi, pemerintah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menyatakan akomodasi penginapan di lingkar Sirkuit Mandalika telah penuh dipesan.

Sehingga, para penonton MotoGP mulai menyewa rumah warga dijadikan tempat penginapan.

"Informasi rumah warga di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) banyak dicari untuk dijadikan tempat penginapan oleh penonton MotoGP," tandas Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah Lendek Jayadi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])