Toyota Hadirkan Lunar Cruiser, Mobil Khusus Penjelajah Bulan

Nusantaratv.com - 29 Januari 2022

Ilustrasi grafis ini menunjukkan kendaraan Toyota yang disebut 'Lunar Cruiser' untuk menjelajahi permukaan bulan. (Toyota Motor Corp via AP)
Ilustrasi grafis ini menunjukkan kendaraan Toyota yang disebut 'Lunar Cruiser' untuk menjelajahi permukaan bulan. (Toyota Motor Corp via AP)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Produsen otomotif asal Jepang, Toyota Motor Corp., bekerja sama dengan badan antariksa Jepang (JAXA) dalam pengadaan kendaraan khusus untuk menjelajahi bulan. 

Ambisi mereka adalah mempersiapkan mobil yang akan membantu manusia hidup di bulan pada 2040 dan selanjutnya kehidupan di Mars, seperti dikutip dari The Associated Press (AP), Sabtu (29/1/2022). 

Kendaraan yang sedang dikembangkan bersama Japan Aerospace Exploration Agency itu dinamakan Lunar Cruiser, yang diambil dari nama mobil SUV (sport utility vehicle) keren besutan Toyota, Land Cruiser. Peluncurannya sudah dijadwalkan sebelum 2030.

Namun, rancangan mobil semi robot itu sudah beredar terbatas. Toyota mengungkapkan, kini orang makan, bekerja, tidur, dan berkomunikasi dengan aman di dalam mobil. Hal yang sama dapat dilakukan di luar angkasa. 

"Kami melihat ruang angkasa sebagai area untuk transformasi sekali dalam satu abad. Dengan pergi ke luar angkasa, kami mungkin dapat mengembangkan telekomunikasi dan teknologi lain yang berharga bagi kehidupan manusia," kata Takao Sato, yang mengepalai proyek Lunar Cruiser di Toyota Motor Corp.

Sementara itu, Gitai Japan Inc, sebuah perusahaan yang dikontrak dengan Toyota juga telah mengembangkan lengan robot untuk Lunar Cruiser. Lengan mesin dirancang untuk melakukan tugas-tugas seperti inspeksi dan pemeliharaan kendaraan. Ujung lengan juga bisa diubah sehingga dapat bekerja sebagai alat menyendok, mengangkat, dan menyapu.

Kepala Eksekutif Gitai, Sho Nakanose mengatakan, tantangan untuk meluncur ke luar angkasa pada dasarnya telah terpenuhi. Tetapi untuk bekerja di luar angkasa memerlukan biaya dan bahaya besar bagi astronot. "Di situlah robot akan berguna," ujarnya.

Sejak didirikan pada 1930-an, Toyota disebut resah akan kehilangan bisnis utamanya karena perubahan zaman. Toyota disebut telah merambah ke bisnis perumahan, kapal, jet, dan robot. Kini bulan dan ruang angkasa jauh.

Sementara ketertarikan orang Jepang terhadap bulan terus meningkat. Sebuah perusahaan swasta Jepang bernama Ispace Inc sedang mengerjakan penjelajah bulan, termasuk mendarat dan mengorbit. Bahkan, pendaratan di bulan sudah dijadwalkan akhir tahun ini.

Pengusaha Yusaku Maezawa, yang baru-baru ini mengambil video dirinya sedang melayang-layang di Stasiun Luar Angkasa Internasional, telah memesan tiket orbit mengelilingi bulan di atas kapal luar angkasa CEO Tesla Elon Musk.

Insinyur Toyota, Shinichiro Noda mengaku bersemangat dengan proyek bulan tersebut. Menurut dia, pembuatan mobil untuk melayani pelanggan dan misi bulan, dapat menyediakan sumber daya yang berharga untuk kehidupan di Bumi. "Mengirim mobil kami ke bulan adalah misi kami," terangnya. 

Toyota, kata dia, memiliki kendaraan yang dipakai hampir di mana-mana. "Tapi ini tentang membawa mobil kita ke suatu tempat yang belum pernah kita kunjungi," tukas Noda.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])