Sukabumi Diguncang Gempa 4,8 Magnitudo, Getarannya Terasa Sampai Ciamis

Nusantaratv.com - 19 September 2021

Ilustrasi alat pencatat kekuatan gempa bumi/ist
Ilustrasi alat pencatat kekuatan gempa bumi/ist

Penulis: Ramses Manurung | Editor: Ramses Manurung

Sukabumi, Nusantaratv.com-Wilayah Sukabumi, Jawa Barat diguncang gempa bumi berkekuatan 4,8 magnitudo. Gempa terjadi pada Minggu (19/9/2021). Gempa berada di laut pada jarak 59 KM Tenggara Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 42 KM.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Subduksi (Megathrust) di Selatan pulau Jawa dimana Lempeng Indo-Australia menyelusup menunjam ke bawah Lempeng Eurasia," ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho mengutip detik.

Baca juga: Kepulauan Talaud Diguncang Gempa 5,0 Magnitudo, BMKG Peringatkan Gempa Susulan

Berdasarkan peta guncangan dan laporan masyarakat gempa yang terjadi di Sukabumi juga dirasakan di wilayah Cisurupan, Cikajang, Ciamis, Pangandaran, Karangnunggal, Ciherang, Pangalengan, Gardu, dan Cihurip dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk melintas).

Hendro mengatakan sejauh ini belum ada laporan kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. 

"Hingga pukul 06:50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," ujar Hendro.

BMKG mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])