Sofyan Djalil Terang-terangan Akui Ada Pegawai BPN Jadi Mafia Tanah

Nusantaratv.com - 08 Oktober 2021

Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil/ist
Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Jajaran pegawai Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) ternyata telah disusupi mafia tanah. Bahkan, beberapa pegawai Badan Pertahanan Nasional (BPN) menjadi bagian dari mafia tanah. 

Fakta kurang sedap itu diungkapkan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil.

Sofyan mengaku saat ini pihaknya pun mulai bersih-bersih secara internal. Sofyan berjanji pihaknya akan memecat pegawai BPN yang terbukti ada main dengan mafia tanah

"Maka di BPN, kalau orang bilang bagian dari mafia tanah, itu saya akui betul. Maka kita perangi betul di internal juga. Kita pecat orang-orang yang terlibat, saat ini banyak program pembersihan internal," ungkap Sofyan mengutip detik, Jumat (8/10/2021).

Sofyan mencontohkan, sudah ada satu Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN di Jakarta yang terbukti ada main dengan mafia tanah. Sofyan menegaskan oknum tersebut kini sudah dipecat dan sedang diproses hukum.

Baca juga: Menteri ATR Harap Warga Bojong Koneng-Sentul City Mediasi

"Kasus di Jakarta itu Kakanwil-nya, Kakanwil yang diberikan kekuasaan, kewenangan, pangkat, itu bagian mafia kita ambil tindakan keras sekali," ungkap Sofyan.

Walau mengakui banyak pegawai BPN yang berkomplot dengan mafia tanah, namun Sofyan menegaskan masih banyak pegawai yang baik. Apalagi saat ini bersih-bersih internal sudah dilakukan secara masif.

"99% orang BPN itu orang baik-baik, cuma gara-gara nila setitik rusak susu sebelanga, cuma nilanya ini bukan setitik, banyak titiknya perlu diperbaiki," kata Sofyan.

Menurut Sofyan komplotan mafia tanah akan ada di mana-mana. Terlebih bila di suatu wilayah harga tanahnya makin mahal.

"Kasusnya mafia tanah ini di mana-mana ada, semakin harga tanah semakin mahal maka operasi mafia jadi makin intensif," pungkas Sofyan.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])