Simak! Premium Tak Lama Lagi akan Ditiadakan?

Nusantaratv.com - 22 Desember 2021

Ilustrasi suasana di SPBU/ist
Ilustrasi suasana di SPBU/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium tampaknya tak lama lagi akan ditiadakan atau dihapus. Isyarat itu terlihat dari gencarnya pemerintah mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan BBM jenis pertalite. 

"Kita memasuki masa transisi di mana premium RON 88 akan digantikan dengan pertalite RON 90, sebelum akhirnya kita akan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan," kata Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Soerjaningsih, Rabu (22/12).

Rencananya, premium yang memiliki RON 88 akan diganti menjadi pertalite dengan RON 90. RON 90 disebut merupakan bahan bakar energi yang lebih ramah lingkungan dibanding RON 88.

Pengalihan bahan bakar ini bertujuan agar Indonesia secara bertahap melakukan transisi ke energi bersih yang lebih ramah lingkungan.

Soerjaningsih lebih lanjut mengatakan hingga saat ini hanya ada tujuh negara yang masih menggunakan bahan bakar dengan RON 88, termasuk Indonesia. Padahal, premium sudah banyak ditinggalkan masyarakat lantaran kualitasnya tidak lebih baik dibandingkan RON 90 atau lebih.

Baca juga: Harga BBM Shell Naik, Ini Daftar Harga Terbarunya

Peralihan dari premium ke pertalite diproyeksikan mampu menurunkan kadar emisi karbon dioksida sebesar 14 persen.

Soerjaningsih menambahkan pemerintah ke depan akan menyusun peta jalan (roadmap) bahan bakar minyak yang ramah lingkungan. Setelah premium dihapuskan, pertalite juga akan menjadi bahan bakar selanjutnya yang akan dihilangkan di pasaran.

"Dengan roadmap ini, ada tata waktu di mana nantinya kita akan menggunakan BBM ramah lingkungan. Ada masa di mana pertalite harus dry, harus shifting dari pertalite ke pertamax," tukasnya, mengutip CNNIndonesiacom.

Perubahan dari pertalite ke pertamax diperkirakan dapat menurunkan kembali kadar emisi karbon dioksida sebesar 27 persen.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])