Samsung Galaxy S23 Ultra Dikabarkan Gunakan Snapdragon 8 Gen 2

Nusantaratv.com - 22 Oktober 2022

Ilustrasi. Samsung Galaxy S22 Ultra. (Net)
Ilustrasi. Samsung Galaxy S22 Ultra. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Ponsel Samsung Galaxy S23 Ultra dikabarkan akan dibekali dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2.

Kabar tersebut didapatkan setelah performa Galaxy S23 yang diperkenalkan dengan nomor model SM-S918U muncul di Geekbench. Demikian dikutip dari GSM Arena, Sabtu (22/10/2022). 

Kendati tidak disebutkan secara jelas, dalam daftar Geekbench terbaru menunjukkan Galaxy S23 Ultra dilengkapi chipset dengan spesifikasi motherboard bernama 'kalama'. 

Berdasarkan rumor sebelumnya, sepesifikasi itu sesuai dengan chipset besutan Qualcomm yakni SoC Snapdragon 8 Gen 2 yang juga terlihat dalam daftar Geekbench Galaxy S23 (SM-S911U).

Sedangkan perangkat yang diujikan di Geekbench berhasil mencetak skor inti tunggal yang mengesankan sebesar 1.521 poin dan hasil multi-inti sebesar 4.689 poin. 

Sebagai pembanding dengan generasi sebelumnya, terdapat kenaikan nilai performa jika dibandingkan dengan kinerja Snapdragon 8 Gen 1 yang ada di Galaxy S22 Ultra, masing-masing unggul di 1.200/3.200 poin. 

(Foto: GSM Arena)

Dalam uji coba tersebut, Geekbench mencoba RAM 8GB, tetapi tampaknya ketika dirilis nantinya Samsung bakal menggunakan RAM lebih besar, yakni 12GB. Sedangkan untuk sistem operasi, Samsung terkonfirmasi akan menggunakan sistem terbaru yakni Android 13 dengan OneUI 5, yang merupakan sistem operasi orisinil besutannya.

Terkait dengan chipset, masih perlu diperhitungkan dimana untuk Galaxy S23 series ada potensi ponsel ini kemungkinan menggunakan chipset milik Samsung yakni Exynos. Namun dari beberapa uji coba yang mampir di Geekbench sejauh ini ciri-ciri tersebut mengindikasikan penggunaan chipset terbaru dari Qualcomm. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])