Resmi! Jokowi Lantik Jenderal Andika Perkasa jadi Panglima TNI

Nusantaratv.com - 17 November 2021

Pengambilan sumpah Jenderal Andika Perkasa saat dilantik menjadi Panglima TNI/ist
Pengambilan sumpah Jenderal Andika Perkasa saat dilantik menjadi Panglima TNI/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11).

Jokwi mengawali prosesi pelantikan dengan menanyakan kesediaan Jenderal Andika Perkasa untuk diambil sumpah berdasarkan agama Islam. 

"Saudara Jenderal TNI Andika Perkasa...apakah bersedia saya ambil sumpah berdasarkan agama Islam," ujar Jokowi.

"Bersedia," jawab Andika.

Pelantikan Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI berdasarkan Keputusan Presiden nomor 106/TNI Tahun 2021. 

Andika menempati posisi Panglima TNI yang ditinggalkan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun per November 2021.

Baca juga: Dilantik Jadi Panglima TNI Siang Ini, Intip Profil Singkat Jenderal Andika Perkasa

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan prosesi tokoh agama meletakkan Al Quran di atas kepala Andika selama pengambilan sumpah jabatan tersebut.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Jokowi mendiktekan sumpah jabatan yang harus diulang Andika.

"Saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," sambungnya, mengutip CNNIndonesiacom.

Sesuai aturan yang tertuang di Undang-Undang TNI saat ini, Andika hanya punya masa jabatan sekitar 13 bulan. Praktis Andika hanya memiliki waktu kurang lebih satu tahun menjalankan pengabdiannya sebagai Panglima TNI. Karena Andika akan memasuki masa pensiun saat berusia 58 tahun pada November 2022.

Seiring dengan pelantikan Andika Perkasa menjadi Panglima TNI otomatis ada kekosongan di posisi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang sebelumnya diduduki Andika. Jokowi telah menunjuk Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen Dudung Abdurachman untuk naik pangkat menjadi jenderal bintang empat guna mengisi jabatan KSAD tersebut. Pelantikan Dudung sebagai KASAD hari ini  juga dilaksanakan  di Istana Negara, Jakarta. 


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])