Resmi Dilantik sebagai KSAD, Letjen Dudung Abdurachman Naik Pangkat jadi Jenderal

Nusantaratv.com - 17/11/2021 14:52

Dudung Abdurachman dilantik jadi KSAD/ist
Dudung Abdurachman dilantik jadi KSAD/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Letjen TNI Dudung Abdurachman resmi dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021). 

Dudung menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang diangkat menjadi Panglima TNI. 

Pelantikan Dudung ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden No 107/TNI/Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

"Menetapkan kesatu, memberhentikan dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa dari jabatannya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat disertai dengan ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah disumbangkan kepada bangsa dan Republik Indonesia selama memangku jabatan tersebut. Kedua, mengangkat Letjen TNI Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat," kata Sekretaris Militer Presiden Marsma TNI Tonny Harjono membacakan Kepres yang diteken Jokowi.

Kemudian dengan dipimpin Presiden Jokowi, Dudung mengucapkan sumpah sebagai KSAD.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian petikan sumpah yang dibacakan Letjen Dudung.

Baca juga: Sosok Dudung Abdurachman, KSAD Keturunan Sunan Gunung Jati Cirebon

Naik Pangkat

Bersamaan dengan prosesi pelantikannya menjadi KSAD, Dudung naik pangkat menjadi jenderal bintang empat. Kenaikan pangkat itu berdasarkan Keputusan Presiden No 108/TNI/Tahun 2021 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

"Memutuskan, menetapkan, kesatu, menaikkan pangkat 1 tingkat lebih tinggi kepada perwira tinggi TNI atas nama Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjadi Jenderal TNI. Terhitung mulai tanggal ditetapkan Keputusan Presiden ini," kata Sekretaris Militer Presiden Marsma TNI Tonny Harjono membacakan Kepres yang diteken Jokowi.

Kemudian Presiden Jokowi menyematkan pangkat kepada Dudung Abdurachman. 

Kenaikan pangkat ini diberikan setelah Dudung dilantik menjadi KSAD. 

Karir Dudung terbilang sangat gemilang. Hanya selang enam bulan sejak diangkat menjadi Pangkostrad pada 25 Mei 2021, Dudung Abdurachman dilantik menjadi KSAD. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in