Profil Farhan Alwi, Wonderkid Tim Indonesia di Piala Thomas Uber 2024

Nusantaratv.com - 18 April 2024

Alwi Farhan masuk dalam skuad tim beregu Indonesia untuk Thomas Uber Cup 2024 (BWF)
Alwi Farhan masuk dalam skuad tim beregu Indonesia untuk Thomas Uber Cup 2024 (BWF)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Nama Alwi Farhan menghiasi skuad Indonesia di Piala Thomas Uber 2024. Alwi merupakan pemain muda potensial yang baru pertama kali tampil pada  ajang ini. 

Situs resmi BWF sampai ikut menyorot kehadiran Alwi di skuad Indonesia. Dia disandingkan dengan wonderkid tim Uber Jepang yang baru berusia 17 tahun, yakni Tomoka Miyazaki.

Alwi nantinya bergabung dengan pemain-pemain senior seperti Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Seperti diketahui, kejuaraan beregu legendaris Thomas Uber Cup 2024 akan berlangsung di Chengdu, China pada 27 April-5 Mei 2024. 

Masuknya Alwi tentu bukan tanpa alasan. Meski baru berusia 18 tahun, Alwi cukup menonjol di nomor tunggal putra. Dia adalah pemain dengan peringkat BWF tertinggi keempat di Indonesia. 

Alwi saat ini menempati peringkat 62 dunia. Sosoknya semakin mencuri perhatian saat berhasil memenangkan Kejuaraan Dunia Yunior  di Spokane, Washington, Amerika Serikat 2023 lalu. 

Pada ajang yaang sama, dia juga ikut memperkuat Indonesia di nomor beregu dan berhasil melangkah hingga ke babak final. Sementara pada tahun sebelumnya, pria asal Surakarta itu juga ikut mengantar tim Indonesia merebut perunggu pada Kejuaraan Beregu Asia Yunior 2023.

Sementara itu, pengalaman seniornya diawali dari Odisha Masters, Desember lalu. Saat itu langkahnya terhenti di semifinal usai kalah 21-19, 14-21, 20-21 kepada wakil India, Ayush Shetty.

Dia kembali tampil pada Spain Masters 2024. Namun langkahnya dihentikan wakil Jepang, Yushi Tanaka, 23-21, 15-21, 12-21.

Prestasi gemilang di kelas senior pernah dicatat Alwi pada SEA Games 2023. Saat itu, dia masuk dalam tim beregu putra yang berhasil memenangkan medali emas. Sayang, sebagai tunggal ketiga Alwi tak sempat bermain karena ndonesia menang 3-1 di babak semifinal dan di babak final.  

Menarik untuk menantikan kiprah Alwi di ajang Thomas Uber Cup 2024. Namun perjalanannya dipastikan tidak mudah karena tim beregu putra Indonesia berada di grup neraka.

Hasil drawing yang digelar 22 Maret lalu menempatkan tim Thomas Indonesia di Grup C bersama juara bertahan India, Thailand, dan Inggris. Sedangkan tim Uber akan bersaing dengan Jepang, Hong Kong, dan Uganda di grup C. Selamat bertanding Alwi!

 

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])