Porsche Hadirkan Teknologi Digital Twin, Bisa Prediksi Kapan Mobil Harus Diservis

Nusantaratv.com - 08 November 2021

Ilustrasi Porsche. (Net)
Ilustrasi Porsche. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Produsen mobil asal Jerman, Porsche mengembangkan teknologi terbaru pada kendaraan besutannya yang bernama Porsche Digital Twin.

Dikutip dari Hindustan Times, Senin (8/11/2021), teknologi ini menciptakan replika virtual dari mobil asli dan menggunakan algoritma yang berbeda, yang bisa mendeteksi dan memprediksi kapan mobil harus diservis.

Porsche Digital Twin ini diklaim memiliki kombinasi algoritma dan menggunakan sejumlah data sensor dan data besar untuk merekomendasikan layanan berdasarkan gaya berkendara pengemudi. 

Misalnya, sistem bisa merekomendasikan layanan yang diperlukan untuk suspensi atau mesin sesuai pada pola mengemudi atau aspek lain dari perilaku pengemudi.

Secara keseluruhan, sistem Digital Twin ini dapat mengantisipasi masalah apa pun pada kendaraan sebelum benar-benar terjadi. Selain itu, juga bisa membantu pemilik mobil agar tepat waktu melakukan servis.

Di mana teknologi ini juga bisa menghindari para pemilik kendaraan mengeluarkan biaya yang besar akibat kerusakan parah pada mobilnya. Sistem Digital Twin ini diharapkan bisa mengubah jadwal servis rutin kendaraan demi waktu pemeliharaan yang tepat dari masalah yang terjadi pada mobil.

Pengguna juga akan memiliki catatan digital tentang riwayat layanan masalah kendaraan. Namun, hingga kini Porsche belum mengungkapkan rincian lebih lanjut terkait teknologi Digital Twin.

Pabrikan mobil yang berpusat di Stuttgart, Jerman itu, juga tidak akan meluncurkan sistem terbaru ini hingga 2022. Tetapi Porsche telah menguji coba teknologi Digital Twin dalam berbagai prototipe mobil buatannya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])