Percaya Ngga Percaya, 3 Weton Ini Diprediksi Miskin Permanen, Apa Saja Itu?

Nusantaratv.com - 22 Oktober 2021

Melihat masa depan lewat hitungan weton?
Melihat masa depan lewat hitungan weton?

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com – Setiap manusia memiliki takdirnya masing-masing. Ada yang ditakdirkan hidup dengan rezeki yang berlimpah, namun ada juga yang ditakdirkan hidup dengan kondisi pas-pasan bahkan ada yang kekurangan.

Terkait dengan nasib, banyak masyarakat Jawa mempercayai dengan hitungan weton.

Bagi masyarakat Jawa, weton bukanlah istilah asing. Weton merujuk pada hari kelahiran karena istilah ini diambil dari bahasa Jawa, wetu yang berarti keluar atau lahir.

Dikutip dari buku Primbon Masa Kini: Warisan Nenek Moyang untuk Meraba Masa Depan karya Romo RDS Ranoewidjojo, yang dimaksud dengan weton adalah gabungan antara hari kelahiran dengan hari pasaran saat bayi lahir. Sedangkan hari pasaran terdiri dari lima hari, yaitu Pon, Wage, Kliwon, Legi, dan Pahing. 

Weton ini kemudian digunakan untuk mengetahui gambaran kehidupan seseorang. Dalam pandangan masyarakat Jawa, manusia lahir dengan membawa potensi energi masing-masing. Energi ini kemudian tercermin pada watak seseorang. Untuk mengetahuinya, seseorang perlu menjumlahkan weton.

Weton juga digunakan untuk urusan pertanian, kapan saatnya mulai bercocok tanam, masa panen, hingga jodoh dan nasib seseorang. Untuk memilih jodoh pun orang Jawa menggunakan hitungan weton untuk menjatuhkan pilihan. Kadang sebuah hubungan bisa tidak direstui oleh orang tua jika dalam hitungan weton tidak ada kesesuaian atau dapat berakibat tidak baik.

Dari hitungan weton ini, banyak atau sedikitnya rezeki seseorang di masa depan sudah dapat diprediksi. Ada beberapa weton yang diprediksi bakal mengalami nasib yang kurang baik, seret rezeki meski telah diimbangi dengan kerja keras.

Lalu weton apa saja yang diperkirakan bakal mengalami ‘miskin permanen’? Dikutip dari Sonora.id, yuk simak ulasannya sebagai berikut:

Selasa Legi

Pemilik weton Selasa Legi disebut sebagai weton yang diprediksi miskin alias susah kaya. Bahkan, meskipun pemilik weton ini banting tulang kerja keras, rezekinya pun akan cepat habis.

Weton yang berada dalam naungan lebu katiup angin ini sering mengalami musibah di samping rezekinya yang cepat habis.

Bahkan, ketika Selasa Legi sudah berumah tangga, mereka akan kesusahan mengumpulkan uang dan hidupnya akan biasa-biasa saja.

Minggu Pon

Selanjutnya, weton yang diprediksi miskin dan sulit mendapatkan rezeki yaitu weton Ahad Pon. Hal ini lantaran weton Minggu Pon mempunyai rezeki bawaan yang cepat habis.

Hal ini lantaran weton ini selalu mendapatkan banyak godaan yang menyebabkan uangnya cepat habis.

Meski dalam kehidupan bermasyarakat weton ini banyak disegani dan perpengaruh, namun sayangnya peruntungan pemilik weton Minggu Pon tidak bagus.

Rabu Kliwon

Rabu Kliwon juga disebut sebagai weton yang diprediksi miskin permanen meski sudah kerja keras banting tulang.

Sebab, weton ini di bawah naungan lebu katiup angin dimana rezekinya akan selalu habis tak tersisa. Mereka juga cenderung boros yang membuat keuangannya pun cepat habis.

Mereka juga dikenal suka menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak penting seperti hiburan malam sehingga keuangannya pun menjadi tidak terkontrol dan terancam miskin permanen.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])