Mitos Burung Perkutut, Dari Keberuntungan Hingga Pesugihan

Nusantaratv.com - 06 November 2021

Burung Perkutut. (Istimewa)
Burung Perkutut. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang masih percaya terhadap hal-hal gaib. Salah satu hewan peliharaan yang dikatikan dengan hal itu adalah burung perkutut.

Dibalik suaranya yang merdu, perkutut ternyata bisa dijadikan media untuk menghubungkan dunia gaib dengan dunia nyata. Dikutip dari SariAgri, burung yang memiliki nama ilmiah geopelia striata ini ternyata memiliki sederet mitos menurut primbon jawa, dari mulai keberuntungan hingga pesugihan, di antaranya: 

Pertanda Keberuntungan. Konon, jika pemilik burung perkutut ini bisa memelihara dengan baik dan sepenuh hati, maka Anda bakal memperoleh keberuntungan sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Mengundang Malapetaka. Burung ini dulu dipercaya bisa mendatangkan kesialan. Tapi, setelah banyak orang yang memelihara maka anggapan itu berubah. Nah, mitos burung perkutut yang mendatangkan malapetaka ini memiliki ciri khusus dari tampilan fisiknya seperti bulu, suara kicau, dan jam kicau yang tidak menentu.

Burung Perkutut adalah Hewan Gaib. Tidak sedikit kabar yang menyebutkan jika burung ini merupakan jelmaan dewa. Salah satunya karena burung perkutut juga menjadi hewan peliharaan Prabu Brawijaya dari Majapahit. Dan, konon, hewan yang menjadi peliharaan Prabu Brawijaya ini sebenarnya adalah jelmaan Pangeran Padjajaran bernama Joko Mangu.

Hewan yang Setia. Ya, burung ini dinilai sebagai hewan peliharaan yang sangat setia. Bahkan, meskipun sangkar burung dibuka konon burung perkutut tidak akan kabur dari pemiliknya.

Hewan Pesugihan. Pesugihan yang dimaksud ini adalah 'Pesugihan Kutut Manggung'. Pesugihan ini dimanfaatkan untuk melancarkan karir dan juga kekayaan. Jenis burung yang biasa digunakan untuk pesugihan yaitu perkutut Songgo Ratu.

Perlu dicatat, ini merupakan sejumlah mitos yang beredar di masyarakat, sehingga belum bisa dipastikan kebenarannya. Yang pasti, sebagaian besar masyarakat memelihara burung perkutut adalah untuk menyalurkan hobi.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])