Megawati Harap Patung Sukarno Dibangun di Seluruh Indonesia

Nusantaratv.com - 28 Oktober 2021

Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (Net)
Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ingin patung Presiden pertama RI Sukarno, dibangun di seluruh daerah. Ini dilakukan sebagai pengingat jasanya sebagai tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia.

Bung Karno, kata Mega, juga telah mewariskan banyak pemikiran serta ideologi bagi bangsa Indonesia.

"Jadi, kalau memungkinkan, maka tentunya tidak perlu terburu-buru, karena kita sifatnya gotong royong, bikin lah di setiap daerah yang namanya patung beliau (Bung Karno)," ujar Mega dalam Peresmian dan Penandatanganan Prasasti Taman UMKM Bung Karno dan 16 Kantor Partai yang digelar secara virtual, Kamis (28/10/2021).

Menurut Megawati, suka tidak suka, mau tidak mau, Bung Karno merupakan proklamator Indonesia.

Karena itu, pembuatan patung Bung Karno bisa jadi upaya untuk mengingatkan sosok Bung Karno kepada generasi muda.

"Ya memang itu sifatnya simbolis, tapi kalau hanya dikatakan saja memungkinkan orang akan melihat bahwa bagaimana toh sosoknya. Patung itu kan merepresentasikan sosok seseorang. Diponegoro begini, Bung Karno begitu," ungkap Mega.

"Ada yang mengatakan, kalau dari Islam garis keras mengatakan tidak boleh, takut itu (patung) didewakan, disembah. Tidak ada niat seperti itu, hanya sebuah pengenalan dari suatu sosok pahlawan-pahlawan," tambahnya.

Menurut dia, pengenalan sosok pahlawan ini penting bagi generasi muda Indonesia. Megawati menilai, tanpa ada upaya mengenali sosok pahlawan itu, generasi muda tidak akan mengenal sosok pahlawan nasional.

"Saya sering mengatakan, kalau bisa seluruh pahlawan ini diwujudkan di dalam bentuk fisik, sosok. Mana anak muda masih mengetahui. Saya saja kalau tidak diberitahu ayah saya, bagaimana sosok Pattimura, saya tidak tahu," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])