Masyarakat Diingatkan Waspadai Ancaman Cuaca Ekstrem

Nusantaratv.com - 22 Agustus 2021

Peringatan dari BMKG
Peringatan dari BMKG

Penulis: Ramses Manurung | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com, Jakarta  - Masyarakat diingatkan untuk mewaspadai ancaman cuaca ekstrem yang berpotensi melanda seluruh wilayah di Indonesia. 

Peringatan tersebut disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

BMKG juga meminta masyarakat untuk mewaspadai dampak yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin, mengutip okezone, Minggu (22/8/2021).

BMKG mengatakan kondisi cuaca pada periode 20 Agustus hingga 26 Agustus 2021 cukup bervariasi. Wilayah Bali hingga Nusa Tenggara akan cenderung cerah berawan hingga berawan dengan potensi hujan intensitas sedang dan lebat yang bersifat lokal akan terjadi di sebagian wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca juga: Pasca Gempa Tojo Una-Una, BMKG Minta Warga Jauhi Pantai

Adapun wilayah Sumatera, sebagian besar akan berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Sementara di wilayah Kalimantan akan dominan hujan ringan dengan potensi hujan sedang hingga lebat terdapat di Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Potensi curah hujan yang cukup signifikan diperkirakan terdapat di sebagian besar wilayah Sulawesi bagian tengah, Maluku dan Papua.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])