Labu Siam Kaya Manfaat, Salah Satunya Bisa Mengatasi Permasalahan Remaja

Nusantaratv.com - 14/10/2021 15:01

Labu siam. (Net)
Labu siam. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Kita mengenal labu siam sebagai salah satu jenis sayur yang sering diolah menjadi berbagai hidangan.

Namun, dibalik warnanya yang hijau, ternyata labu siam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan nutrisi labu siam adalah zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin E, dan vitamin C, dan masih banyak lagi kandungnan nutrisi lainnya.

Berikut lima manfaat labu siam untuk kesehatan: 

1. Dapat mencegah kanker

Kandungan antioksidan flavonoid poli fenolik pada labu siam bisa mengikat radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas ini bisa memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients menyebutkan senyawa yang terdapat pada labu siam berpotensi menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Itu sebabnya, salah satu manfaat makan labu secara rutin yakni berpeluang untuk membantu mencegah penyakit kanker. Sedangkan dalam satu buah labu siam memiliki setidaknya 13 persen vitamin C.

2. Menurunkan kadar asam urat

Selain kandungan purin yang rendah, labu siam juga memiliki serat yang tinggi. Hal inilah yang membuat labu siam baik dikonsumsi oleh penderita asal urat. Tak hanya, itu labu siam juga dapat mencegah kambuhnya gejala penyakit asam urat.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan antioksidan pada labu siam baik untuk menjaga kesehatan jantung karena dapat memperlancar aliran darah ke pembuluh darah jantung. Selain antioksidan, labu siam juga mengandung folat dan vitamin B yang dapat mencegah penyakit jantung koroner dan stroke.

4. Memperlancar pencernaan

Labu siam kaya akan serat sehingga tentu saja sangat baik untuk saluran pencernaan. Karena dapat menjaga keseimbangan bakteri dan membuang sisa-sisa makanan yang ada di usus.

5. Membantu menghilangkan jerawat

Jerawat dan remaja merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Memasukai masa puber, anak remaja memang biasanya mulai berjerawat.

Nah, labu siam memiliki setidaknya 5 persen seng (zinc) yang termasuk tinggi. Dengan mengkonsumsi labu siam maka bisa memenuhi zinc di dalam tubuh serta dapat mengurangi munculnya jerawat.

Ya, labu siam merupakan makanan yang sangat mudah untuk disajikan, terlebih manfaat yang ada di dalamnya begitu beragam. Anda bisa langsung makan bersama kulitnya setelah direbus ataupun diolah menjadi masakan terlebih dahulu.

Tidak ada efek samping khusus akibat konsumsi labu siam. Namun, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter jika Anda mengalami gejala mengkhawatirkan setelah makan sayuran ini ya!

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in