Keren! Akan Ada Atraksi Kereta Gantung di Danau Toba

Nusantaratv.com - 10 November 2021

Sandiaga Uno berfoto di salah satu spot Danau Toba/ist
Sandiaga Uno berfoto di salah satu spot Danau Toba/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba di Sumatera Utara tak lama lagi akan dilengkapi dengan atraksi kereta gantung. Bahkan diharapkan atraksi kereta bisa menjadi ikon baru DSP Danau Toba. 

Kabar gembira tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno yang sedang berkunjung ke Desa Sigapiton Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumut, pada Rabu (10/11/2021). 

"Kepala Desa Sigapiton juga sudah menyampaikan kepadanya terkait rencana pembangunan kereta gantung. Masyarakat juga sangat mendukung pembangunan kereta gantung yang diharapkan mampu menjadi ikon baru DSP Danau Toba," kata Sandiaga Uno. 

Karenanya, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu  mengaku akan mempercepat proses tender pembangunan kereta gantung tersebut. Sehingga kereta gantung diharapkan sudah beroperasi dalam waktu 18-24 bulan mendatang.

"Kereta gantung ini akan menambah atraksi di Danau Toba, selain itu sebagai bagian daripada transportasi yang ramah lingkungan karena menggunakan energi baru dan terbarukan," tutur Sandiaga.

Sandiaga mengatakan sejalan dengan pengembangan DSP Danau Toba, terdapat sejumlah investor yang hendak berinvestasi. Di antaranya Ram Punjabi, seorang produser film yang akan mengambil latar belakang Danau Toba dalam setiap film yang besutannya.

Kemudian ada Tiger yang akan bekerjasama dengan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) dalam pembangunan eco tourism di Kaldera Danau Toba.

Baca juga: Bamsoet: Pengembangan Pariwisata Danau Toba Harus Berpihak ke UMKM

Lalu ada sejumlah investor asal China yang berkomitmen untuk berinvestasi dalam pembangunan infrastruktur di Danau Toba. Dan Labersa Group yang akan membangun hotel dengan jumlah kamar lebih dari 300 unit.

"Jadi kita harapkan ini suatu investasi yang cukup signifikan. Kita bergerak, bukan hanya jumlah investasinya, tapi juga kualitasnya," ungkap Sandiaga.

Sandiaga menambahkan pihaknya membuka pintu kepada semua pihak untuk melakukan investasi guna mempercepat pengembangan destinasi super prioritas (DSP) Danau Toba di Sumatera Utara.

Ia meyakini melalui kerja sama berbasis public private partnership tersebut, DSP Danau Toba akan mampu menggerakkan ekonomi, menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat.

Pada kesempatan itu, memuji kerja keras masyarakat Desa Sigapiton dalam menjaga dan merawat Kaldera Toba sehingga semakin bersih dan indah. 

"Ini luar biasa, kerja keras dari teman-teman Desa Sigapiton yang melihat sampah banyak sekali, tapi akhirnya melakukan kegiatan ekonomi kreatif, yaitu mengolah sampah dan mengelola sumber air," ungkap Sandiaga.

"Saya ucapkan terima kasih, mudah-mudahan ini bisa membangkitkan pariwisata, memulihkan ekonomi dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat di kawasan Danau Toba," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])