Kabupaten Batang-Jateng Dilanda Gempa 2,2 Magnitudo

Nusantaratv.com - 29 September 2021

Ilustrasi alat pencatat kekuatan gempa bumi/ist
Ilustrasi alat pencatat kekuatan gempa bumi/ist

Penulis: Ramses Manurung

Yogyakarta, Nusantaratv.com-Kabupaten Batang, Jawa Tengah diguncang gempa bumi berkekuatan 2,2 magnitudo. Gempa berpusat di darat terjadi pada Rabu (29/9/2021) pukul 10.30 WIB. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Baribis-Kendeng segmen Pekalongan," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie mengutip detik, Rabu (29/9/2021).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,03 Lintang Selatan (LS) dan 109,68 Bujur Timur (BT), atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km arah selatan Batang pada kedalaman 31 kilometer.

Baca juga: Mamuju Tengah Diguncang Gempa 5,0 Magnitudo

"Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Dieng, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," jelas Prayoedhie.

BMKG mencatat hingga pukul 11.50 WIB tidak tercatat adanya gempa susulan atau aftershock.

Prayoedhie mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," imbaunya.

Sejauh ini belum ada laporan terkait korban jiwa, korban luka dan kerusakan akibat gempa yang melanda wilayah Kabupaten Batang, Jateng.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])