Jokowi Tegaskan Tolak Usulan Perpanjangan Masa Jabatan Presiden 3 Periode

Nusantaratv.com - 15 September 2021

Presiden Joko Widodo (Jokowi)/ist
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/ist

Penulis: Ramses Manurung | Editor: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya angkat bicara terkait isu perpanjangan jabatan presiden menjadi tiga periode. Jokowi menegaskan dirinya menolak semua usul perpanjangan jabatannya. 

"Saya kan udah bolak-balik jawab, mau jawab apa lagi?" kata Jokowi menguti detik, Rabu (15/9/2021).

Jokowi menyatakan dirinya menghormati demokrasi karena itu dia tidak melarang pendapat dan pernyataan-pernyataan yang berseliweran soal masa jabatan presiden di publik. Jokowi mengungkit sikapnya yang tidak memberangus tagar #2019GantiPresiden

"Sekarang begini, ada orang yang mengusulkan, nggak mungkin saya larang. Ini bagian dari demokratisasi. Wong yang hashtag #2019GantiPresiden saja saya nggak larang, masa ini saya ngelarang-larang orang beropini dan pendapat terkait aspirasi politis. Ya itu kan terserah mereka," kata Jokowi.

Baca juga: MPR Tak Pernah Bahas Perpanjangan Masa Jabatan Presiden

"Ada dari akar rumput, dari pihak kekuatan politik, misalnya mengusulkan itu. Biarkan saja. Yang penting kan saya sudah menolak. Sikap saya sama seperti sebelum-sebelumnya. Gimana saya harus menjawab lagi," imbuhnya.

Jokowi kembali menegaskan dirinya menolak usulan perpanjangan masa jabatan presiden hingga 2027. 

"Jawaban saya tetap sama saja," kata Jokowi.

Jokowi mengaku dirugikan akibat isu perpanjangan jabatan presiden tersebut. Ditegaskan ia akan selalu taat konstitusi.

"Ide itu sebenarnya buruk buat saya karena itu akan menciptakan opini bahwa Jokowi itu ambisius, serakah kekuasaan, saya menolak," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])