Jokowi Resmikan Bendungan Paselloreng Sulsel

Nusantaratv.com - 09 September 2021

Bendungan Paselloreng. (Fajar)
Bendungan Paselloreng. (Fajar)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan hari ini, Kamis (9/9/2021). Peresmian dilakukan secara langsung bendungan itu. 

Jokowi turut meresmikan Bendung Gilireng. Lokasinya juga berada di Sulawesi Selatan.

"Dengan mengucap Bismillah Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan siang ini diresmikan," ujar Jokowi dalam acara peresmian, Kamis (9/9/2021).

Jokowi menjelaskan Bendungan Paselloreng dibangun sejak 2015 lalu. Total biaya yang digelontorkan sebesar Rp771 miliar.

"Dilengkapi dengan bendung irigasi Gilireng yang akan sangat bermanfaat untuk mendukung Sulawesi Selatan sebagai lumbung pangan nasional," ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, ketahanan pangan membutuhkan pasokan air secara terus menerus. Sementara, pasokan air akan terjaga ketika terdapat banyak bendungan.

"Dengan kapasitas tampung 138 juta meter kubik ini bendungan yang sangat besar dan luas genangan 1.258 hektare," kata Jokowi.

Bendungan Paselloreng juga mampu mengairi sawah seluas 8.500 hektare. Dengan demikian, Jokowi berharap pasokan air dari bendungan tersebut dapat meningkatkan frekuensi tanam dari satu menjadi dua atau tiga.

"Sehingga meningkatkan produktivitas lahan dan kami harapkan meningkatkan kesejahteraan petani," terang Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi meresmikan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo pada Selasa (7/9/2021). Bendungan Bendo dibangun dengan biaya Rp1,1 triliun. Bendungan tersebut memiliki kapasitas 43 juta meter kubik dengan genangan 170 hektare.

Jokowi membeberkan bahwa ada 17 bendungan yang akan diselesaikan sepanjang 2021. Sejauh ini, baru tujuh bendungan yang sudah diresmikan dan beroperasi.

Tujuh bendungan tersebut, antara lain Bendungan Tukul di Jawa Timur yang diresmikan Februari 2021 lalu, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan yang diresmikan pada Februari 2021, Bendungan Napun Gete di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang diresmikan pada Februari 2021, dan Bendungan Sindang Heula di Banten diresmikan pada Maret 2021.

Kemudian, Bendungan Kuningan diresmikan pada 31 Agustus 2021, Bendungan Way Sekampung di Lampung yang diresmikan pada awal September 2021, dan Bendungan Bendo yang diresmikan hari ini.

Selanjutnya, ada 10 bendungan yang akan diresmikan selanjutnya. Beberapa bendungan tersebut adalah Bendungan Paselloreng yang akan diresmikan pekan ini, Bendungan Ladongi yang akan diresmikan Oktober 2021, dan Bendungan Bintang Bano yang juga akan diresmikan pada Oktober 2021.

Lalu, Bendungan Ciawi yang akan diresmikan pada November 2021, Bendungan Sukamahi yang akan diresmikan November 2021, Bendungan Tugu, Bendungan Gongseng yang akan diresmikan pada Desember 2021, Bendungan Pidekso diresmikan pada Desember 2021, dan Bendungan Margatiga diresmikan pada Desember 2021.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])