Jokowi Dijadwalkan Hadiri Kongres VI IJTI di Lombok NTB, 29-30 Oktober 2021

Nusantaratv.com - 27 Oktober 2021

Presiden Joko Widodo (Jokowi)/ist
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri Kongres VI Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) di Lombok, NTB 29-30 Oktober 2021.  

Kongres yang dilaksanakan dengan format hybrid (offline dan online) diperkirakan bakal diikuti 3.000 jurnalis yang tergabung dalam IJTI. Dengan mengusung tema “Semangat Sumpah Pemuda, Jurnalis Televisi Bangkitkan Negeri Pasca Pandemi Covid-19”, kongres ini akan menjadi yang terbesar dan terpenting dalam sejarah IJTI.

Kongres yang turut dihadiri Asosiasi Pers yang merupakan konstituen Dewan Pers, para Pemimpin Redaksi dan Jurnalis Senior ini juga akan memilih Ketua Umum IJTI yang baru periode 2021-2025.

Dalam kompetisi yang begitu ketat dan di tengah disrupsi media apalagi di tengah pandemi, IJTI dituntut untuk terus meningkatkan kualitas dan kompetensi anggotanya. 

Ketua Umum IJTI Yadi Hendriana yang akan segera meninggalkan posisinya mengatakan jurnalis televisi kini harus cakap dan adaptif dengan perkembangan teknologi yang menuntut multitasking selain kompeten. Karena itu IJTI bersama sejumlah organisasi pers dan elemen bangsa termasuk KPI dan pemerintah yang lain untuk membangun kerangka dunia penyiaran ke depan, mengutip okezonecom, Rabu (27/10/2021).

Baca juga: IJTI: Aktual TV Bukan Lembaga Penyiaran-Perusahaan Pers

Sesuai dengan konteks ini, salah satu agenda dalam Kongres VI IJTI di Lombok adalah menggelar workshop bertema “Profesionalisme Jurnalis TV dan Lanskap Industri Penyiaran ke Depan”. Di workshop ini, KPI dan ATVSI bersama sejumlah pemred televisi akan berbicara bagaimana lanskap industri penyiaran ke depan pasca pandemi di era disrupsi. 

Selain itu, ada juga workshop bertema “Positif Jurnalisme Bangkitkan Potensi Wisata Pasca Pandemi” yang menghadirkan Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, Gubernur NTB Zulkflimansyah, Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal dan pihak BUMN. Sesi lain dalam Kongres adalah workshop “Tantangan Jurnalis TV di Era Digital dan Pasca Pandemi” dengan narasumber Menkominfo Johnny G Plate dan Ketua Dewan Pers M Nuh. 

Tak hanya peduli dalam bidang penyiaran, Kongres VI IJTI juga ingin berperan dalam upaya pemerintah membangkitkan ekonomi khususnya di sektor pariwisata. Ada sesi kunjungan dan liputan peserta kongres ke sejumlah lokasi wisata di Lombok termasuk Desa Adat Sade.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])