Jika Berhasil Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 pada Natal-Tahun Baru, RI Bisa Berstatus Endemi

Nusantaratv.com - 18 Oktober 2021

Luhut Pandjaitan/ist
Luhut Pandjaitan/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Masa libur Natal dan Tahun Baru nanti akan menjadi momen penentu bagi pemerintah untuk merubah status pandemi covid-19 menjadi endemi. Jika berhasil mencegah terjadinya lonjakan kasus covid-19 pada Natal-Tahun Baru, Indonesia bisa masuk status endemi. 

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Di samping itu, kata Luhut, Presiden Joko Widodo mengingatkan agar dilakukan pencegahan gelombang ketiga Corona di masa libur Natal dan tahun baru. Menindaklanjuti arahan Jokowi, Luhut mengatakan pihaknya akan melakukan rapat.

"Presiden kembali menekankan kepada kami semuanya agar betul-betul berhati-hati dan menyiapkan seluruh langkah mitigasi apabila terjadi gelombang ketiga akibat libur Natal dan tahun baru," ujar Luhut mengutip detik, Senin (18/10/2021).

"Oleh karena itu, kami akan melakukan beberapa kali rapat untuk persiapan itu, terutama mendorong penggunaan PeduliLindungi dan vaksinasi," imbuhnya.

Baca juga: Pemerintah Pastikan PPKM di Seluruh Indonesia Diperpanjang, Ada 54 Daerah Level 2

Jika berhasil dicegah, sambung Luhut, status pandemi di Indonesia bisa berubah jadi endemi.

"Kalau ini terjadi saya kira kita akan bisa bagus, dan kalau kita bisa melampaui Nataru (Natal dan tahun baru) ini dengan baik pada Januari, saya pikir kita sudah masuk pada endemi. Karena pada waktu itu saya kira kita harapkan terdapat obat antivirus ini," kata Luhut.

Luhut optimistis Indonesia mampu keluar dari pandemi covid-19. Dia mengimbau seluruh lapisan masyarakat harus kompak dalam penanganan covid-19. 

"Keberhasilan kita mengendalikan varian Delta hingga saat ini menegaskan bahwa Indonesia bisa mengatasi berbagai permasalahan dan tantangan ke depan, jika kita melakukannya secara kompak. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk bersama-sama, bahu membahu terus menjaga agar covid-19 tidak kembali melonjak. Tetap gunakan masker, ajak keluarga, saudara, dan teman-teman yang belum divaksin untuk segera divaksin, dan jangan lupa untuk terus secara disiplin menggunakan Peduli Lindungi," tukas Luhut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])