Ini Kota dengan Biaya Hidup Paling Mahal di Dunia 

Nusantaratv.com - 01/12/2021 21:26

Ilustrasi pemandangan kota Tel Aviv/ist
Ilustrasi pemandangan kota Tel Aviv/ist

Penulis: Ramses Rianto Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Survei Economist Intelligence Unit (EIU) baru saja merilis daftar kota-kota dengan biaya hidup termahal di dunia 2021. Secara mengejutkan, Tel Aviv yang merupakan ibu kota Israel menempati posisi puncak sebagai kota dengan biaya hidup termahal di dunia tahun ini. Tel Aviv naik lima peringkat dari posisi sebelumnya pada 2020. 

Peringkat kedua ditempati Paris. Diikuti Singapura, Zurich, Hongkong, New York, Jenewa, Kopenhagen, Los Angeles dan Osaka. 

Tel Aviv menggantikan Paris, Zurich dan Hongkong yang sama-sama menempati peringkat teratas sebagai kota dengan biaya hidup termahal di dunia 2020.  

Kepala Bidang Biaya Hidup Dunia EIU Upasana Dutt mengatakan Tel Aviv dinobatkan sebagai kota dengan biaya hidup termahal di dunia 2021 karena inflasi meningkat tinggi di kota itu dalam beberapa waktu terakhir. Khususnya, inflasi pada tarif transportasi dan harga bahan makanan.

Data menunjukkan inflasi barang dan komoditas di Tel Aviv rata-rata naik 3,5 persen. Peningkatan inflasi ini menjadi rekor tercepat dalam lima tahun terakhir.

Baca juga: Bank Indonesia Percepat Persiapan Penerbitan Mata Uang Rupiah Digital Seperti Bitcoin

Secara umum, kata Dutt, inflasi naik karena distribusi stok barang terganggu. Hal ini menimbulkan kelangkaan yang kemudian mendongkrak harga.

"Kita dapat dengan jelas melihat dampaknya pada tahun ini dengan kenaikan harga bensin yang sangat mencolok," jelas Dutt, Rabu (1/12).

Meski demikian kondisi tersebut tidak serta merta menempatkan Tel Aviv sebagai kota dengan inflasi tertinggi di dunia. Pasalnya, hasil survei peningkatan inflasi EIU tidak menyertakan empat kota di dunia dengan tingkat inflasi sangat tinggi. Mereka adalah Caracas di Venezuela, Damaskus di Suriah, Buenos Aires di Argentina, dan Teheran di Iran.

Inflasi di Teheran terjadi karena sanksi dari pemerintah Amerika Serikat (AS) menimbulkan kelangkaan barang dan menaikkan harga-harga, mengutip CNNIndonesiacom.

Sementara inflasi di Damaskus meski tinggi, tapi secara peringkat justru merupakan kota dengan biaya hidup termurah di dunia.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in