Bank Indonesia Percepat Persiapan Penerbitan Mata Uang Rupiah Digital Seperti Bitcoin

Nusantaratv.com - 29 November 2021

Gedung Bank Indonesia/ist
Gedung Bank Indonesia/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Dalam rangka mendukung akselerasi dan integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital di Indonesia, Bank Indonesia (BI) akan mempercepat persiapan penerbitan mata uang rupiah digital

"BI juga akan mempercepat persiapan penerbitan digital rupiah dan juga implementasi digitalisasi pengelolaan mata uang rupiah," ujar Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Retno Ponco Windarti, Senin (29/11/2021).

Windarti menjelaskan  percepatan persiapan ini dilakukan dalam rangka menciptakan rupiah digital sebagai alat pembayaran yang sah mendampingi rupiah yang beredar di masyarakat.

Selain itu, langkah ini diambil untuk mendukung amanat bank sentral untuk digitalisasi mata uang bank sentral atau Central Bank Digital Currency (CBDC) sesuai perkembangan zaman.

Di samping itu, rupiah digital dinilai dapat mendukung akselerasi dan integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital di Indonesia.

Baca juga: Resmi! MUI Haramkan Penggunaan Kripto Sebagai Mata Uang

Program digitalisasi mata uang yang dilakukan bank sentral merupakan bagian dari 5 Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025, mengutip CNNIndonesiacom.

Visi tersebut berisi percepatan konsolidasi industri sistem pembayaran, kemudahan perizinan industri sistem pembayaran, pengembangan praktek pasar yang aman, memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan industri keuangan, dan percepatan digitalisasi rupiah.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan terdapat 3 tantangan bagi digitalisasi rupiah yakni desain rupiah digital, integrasi dengan sistem pembayaran digital, dan platform digital yang akan digunakan rupiah digital.

Diketahui, sejumlah negara seperti Inggris, China, Jepang dan Uni Eropa tengah mengkaji penerbitan mata uang digital di tengah kian populernya mata uang digital atau kripto, seperti bitcoin.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])