Hyundai Motor Perkenalkan Visi Smart City di Singapura

Nusantaratv.com - 02/08/2022 08:50

Konsep HMG Smart City oleh Hyundai Motor Group. (Hyundai Motor Group)
Konsep HMG Smart City oleh Hyundai Motor Group. (Hyundai Motor Group)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Hyundai Motor Group meluncurkan visinya untuk kota pintar (smart city) di World Cities Summit, di Singapura, pada Senin (1/8/2022).

Hal itu bertujuan untuk menawarkan cetak biru (blueprint) solusi mobilitas pintar (smart mobility) yang merevitalisasi komunitas perkotaan. Selama diskusi panel di KTT dua tahunan itu, Presiden dan Chief Innovation Officer Hyundai Motor Chi Young-cho menawarkan pandangan rinci ke dalam visi perusahaan untuk desain kota yang berfokus pada manusia melalui konsep HMG Smart City. 

Perusahaan pertama kali meluncurkan visi tersebut untuk kota masa depan dan mendukung solusi mobilitas pintar di CES 2020. Konsep HMG Smart City yang terinspirasi dari pola sarang lebah adalah kota berbentuk heksagonal dengan lapisan permukaan yang berpusat pada manusia dan lapisan bawah tanah yang berpusat pada fungsi. 

Pada lapisan permukaan, taman dan hutan berada di pusat kota dan bangunan-bangunan terletak di sekitarnya, secara efektif meminimalkan area kotor yang dikembangkan oleh umat manusia. 

Chi mengatakan model tersebut menggambarkan bagaimana solusi mobilitas yang berkelanjutan dan cerdas akan memberdayakan pengoperasian kota pintar, sejalan dengan filosofi kota pintar Hyundai Motor untuk menciptakan kota yang berpusat pada manusia yang hidup berdampingan dengan alam dan merangkul masa depan. 

"Model ini akan menjadi pedoman untuk mengembangkan solusi mobilitas pintar yang mendukung kota pintar di seluruh dunia sambil merevitalisasi komunitas perkotaan mereka," ujar Chi, dilansir dari The Korea Herald, Selasa (2/8/2022). 

Menurut konsep kota masa depan dari produsen mobil Korea Selatan (Korsel), yakni kota akan terhubung melalui infrastruktur jalan yang dibangun di bawah tanah. Paket dan barang pengiriman akan diangkut di bawah tanah melalui mobilitas otonom ke pusat logistik otomatis setiap wilayah, di mana robot otonom akan melakukan pengiriman akhir.

Orang akan melakukan perjalanan antar kota dengan mobilitas udara canggih (AAM) dan kendaraan ini akan mendarat dan lepas landas dari menara Hub 2.0, yang menggabungkan area perumahan dan kantor dengan pelabuhan AAM di bagian atas gedung.

Pusat kota akan menampilkan hutan rekreasi, taman, dan waduk untuk menyediakan air bagi kota. Demi memastikan netralitas karbon, sumber daya utama kota ini adalah hidrogen, yang didistribusikan melalui jaringan pipa jaringan pintar ke gedung-gedung listrik melalui generator sel bahan bakar hidrogen.

Dalam melakukannya, perusahaan mengatakan akan bekerja dengan pemerintah di seluruh dunia. Awal tahun ini, Hyundai Motor Group menandatangani perjanjian dengan lembaga pemerintah Singapura JTC pada proyek pemodelan transportasi untuk meningkatkan efisiensi logistik menggunakan kendaraan otonom, kendaraan listrik, kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), dan data besar (big data).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in